Selasa, 22 Juni 2010

Gejala 'Menopause' pada Pria

Wanita menopause, itu pasti. Bagaimana dengan pria? Hilangnya kemampuan reproduksi akibat penuaan itu ternyata juga dialami pria. Kondisi itu biasanya muncul lewat gejala SLOH atau symptomatic late-onset hypogonadism.

Peneliti dari Universitas Manchester mengatakan, 'menopause' pada pria bisa jarang terjadi. Diperkirakan hanya 2 persen pria usia lanjut yang mengalaminya. Mereka umumnya adalah pria yang memiliki kondisi kesehatan buruk atau mengalami obesitas.

'Menopause' pada pria terjadi akibat berkurangnya produksi testosteron seiring pertambahan usia. Atas kondisi demikian, peneliti membuka kemungkinan bagi pria untuk melakukan terapi testosteron agar terhindar dari 'menopause'.

Penelitian yang juga melibatkan mahasiswa dari Imperial College dan University College London, itu dilakukan terhadap 3.369 pria usia 40-79 tahun. Selain mengukur kadar testosteron seluruh responden, peneliti juga melakukan wawancara seputar kemampuan seksual, kondisi fisik dan psikologis.

Berdasar hasil analisa, peneliti hanya menemukan 32 pria yang memiliki gejala SLOH dengan level testosteron yang rendah. Ada tiga gejala utama yaitu, kemampuan ereksi di pagi hari menurun drastis, hasrat seksual lemah, mengalami gangguan disfungsi ereksi.

Peneliti juga mengungkap sejumlah gejala lain berkaitan dengan kondisi fisik, yaitu, tak memiliki kemampuan mengangkat beban berat, tidak mampu berlari lebih dari satu kilometer, serta tak mampu berlutut dan membungkuk. Sementara terkait kondisi psikologis tercium gejala seperti lemas, sering sedih, dan mudah lelah.

"Diagnosis sederhana ini juga didasari sejumlah penyakit yang mempengaruhi kerja testis atau kelenjar pengontrol testis yang mereka idap, meski kebanyakan berhubungan dengan faktor usia," kata Profesor Fred Wu dari Departemen Biomedikal, Universitas Manchester, yang mempublikasikan hasil studi ini di New England Journal of Medicine. (pet)


Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive