Selasa, 29 Juni 2010

Diet Rendah Kolesterol


ANDA ingin mengikuti diet yang rendah kolesterol? Anda pasti sudah tahu kalau mentega, es krim dan daging bisa meningkatkan kolesterol. Tapi, tahukah Anda makanan mana yang bisa menurunkan kadar kolesterol? Anda bisa menemukannya di sini.

Ada berita bagusnya. Untuk menurunkan kolesterol, Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan tertentu. Segenggam penuh "makanan fungsional" ini telah menunjukkan dampak yang besar dalam penurunan kolesterol. Selain
itu, rasanya tentu jauh lebih enak daripada meneguk pil dengan segelas air."Ini bukanlah makanan yang ajaib, tapi bisa dikatakan dekat dengan ajaib," ujar Ruth Frechman, RD, juru bicara Asosiasi Diet Amerika, seperti yang dikutip situs webmd.

Para peneliti telah menemukan beberapa makanan yang bisa mengontrol kolesterol. Makanan tersebut termasuk ikan yang mengandung lemak seperti salmon dan tuna, kenari, oatmeal dan oat bran, serta makanan yang telah diperkaya dengan sterol dan stanol dari tumbuhan. Beberapa studi telah menemukan, diet yang memadukan "makanan super ini" sama efektifnya dengan obat-obat penurun kolesterol dalam menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Seberapa baikkah? FDA telah mereview penelitian-penelitian yang berkaitan dengan makanan ini. Hasilnya, FDA mengeluarkan klaim kalau makanan ini merupakan "makanan sehat" untuk mengatur kadar kolesterol.

Dengan begitu, Anda sudah menemukan pilihan makanan yang sehat untuk memperbaiki kesehatan Anda. Bagaimanapun, belanja makanan pasti lebih menyenangkan daripada menghabiskan uang di apotik. Selain itu, Anda tidak perlu merasakan efek samping obat yang seringkali tidak menyenangkan. Dengan fokus pada diet, Anda mempunyai lebih banyak pilihan.

Proses penurunan kolesterol

1. Oat

Oatmeal kaya akan serat, yang bisa menurunkan kadar LDL. Saat Anda mencerna serat, serat ini menjadi lengket. Menurut para peneliti, ketika di usus halus, serat akan menempel pada kolesterol sehingga usus tidak bisa menyerapnya. Dengan begitu, serat tidak akan masuk ke dalam sistem tetapi dibuang menjadi sampah.

2. Kenari

Kenari sangat baik karena kaya akan omega-3. Omega-3 berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam aliran darah. Para pakar belum terlalu yakin bagaimana prosesnya. Tetapi, omega-3 juga bisa memperlambat pembentukan plak pada arteri sehingga mencegah pengentalan darah. Ada juga studi yang menemukan kalau kenari bisa menurunkan kadar kolesterol.

3. Sterol dan stanol

Dalam kadar molekuler, sterol dan stanol terlihat seperti kolesterol. Jadi, mereka bisa menyatu saat melewati saluran pencernaan. Dengan begitu, kedua zat ini bisa mencegah penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah. Kolesterol akan dikeluarkan menjadi sampah.

4. Ikan

Omega-3 dalam ikan bisa menurunkan kadar trigliserida. Omega-3 ini akan memperlambat pembentukan plak dalam arteri dan mengurangi peradangan di seluruh tubhuh.

Memulai diet

Memilih diet yang rendah kolesterol mungkin tidak semudah itu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Walaupun mengubah diet bisa membantu banyak orang, tetapi ada juga orang-orang yang tetap memerlukan obat untuk
mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, Anda harus ingat kalau makanan ini tidak bisa menyembuhkan semuanya. Sebaiknya tetap dipadukan dengan makanan yang rendah lemak, memperhatikan berat badan serta berolahraga.

"Diet sehat tidak hanya meliputi beberapa makanan tertentu," ujar Suzanne Farrell, MS, RD, juru bicara American Dietetic Association."Ada gambaran yang lebih luas. Anda harus mengkonsumsi dalam jumlah sedang, menambah variasi makanan, serta olahraga yang cukup."




Sumber


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive