Selasa, 29 Juni 2010

Stres Picu Psoriasis


PSORIASIS merupakan penyakit kulit yang belum bisa diobati secara tuntas. Kemunculannya dipicu beberapa faktor. Salah satunya adalah kondisi stres.

''Psoriasis merupakan suatu penyakit kulit dengan penderitanya mengalami proses pergantian kulit terlalu cepat. Gejalanya kulit menebal dan bersisik,'' ujar Guru Besar Fakultas kedokteran Universitas Indonesia Prof dr Benny E Wiryadi SpKK (K) dalam diskusi mengenai psoriasis di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Benny menjelaskan hingga saat ini penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Diduga kuat, penyebabnya adalah sistem kekebalan yang menyerang sel-sel tubuh sendiri (autoimun). Namun diketahui, kemunculan psoriasis dipicu sejumlah faktor. Yang paling sering adalah kondisi stres. ''Sekitar 77,8% kasus psoriasis dipicu kondisi stres atau emosi yang tidak terkendali,'' ujar Benny.
Pemicu lainnya adalah trauma karena garukan, gesekan, dan tekanan berulang (20,6%), narkoba (10%), infeksi streptokokus dan HIV, gangguan metabolisme, rokok dan alkohol.

Psoriasis tidak menular. Serangannya dapat berlangsung lama dan hilang timbul. Meski secara klinis tidak mengancam jiwa, psoriasis dapat menurunkan kualitas hidup karena kemunculannya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja.



Sumber
MediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive