Selasa, 29 Juni 2010

Jus Jeruk Kikis Email Gigi


JUS buah tentunya sangat baik bagi kesehatan. Tapi, demi menjaga kesehatan gigi, ada baiknya Anda menghindari minum jus, khususnya jus jeruk, secara langsung tanpa sedotan. Atau ada baiknya diminum langsung saat makan. Pasalnya, hasil studi para ilmuwan dari Eastman Institute for Oral Health, University of Rochester Medical Centre di New York menyebutkan, beberapa jenis jus sangat bersifat asam, sehingga bisa mengikis lapisan gigi. Menurut mereka, minuman dari buah bisa mengikis lapisan pelindung gigi hingga 84% sehingga membuat gigi lebih mudah tererosi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Kadar asam pada jus jeruk sangat kuat sehingga lapisan gigi akan terkikis," tutur peneliti Dr Yan-Fang Ren. Ren beserta teman-temannya menemukan hal ini setelah mempelajari dampak produk-produk pemutih gigi yang dijual di pasaran. Peneliti menemukan, efek hidrogen peroksida 6%, kandungan yang umum digunakan dalam pemutih gigi, ternyata malah tidak signifikan dibandingkan dengan efek asam dari jus buah. Jus jeruk terbukti menurunkan lapisan pengeras gigi dan membuat email gigi jadi kasar.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Dentistry ini, para peneliti untuk pertama kalinya menggunakan alat revolusioner mikroskop scanning vertikal untuk melihat detail di keseluruhan permukaan gigi. Menurut Ren, sudah lama diyakini kalau jus buah dan minuman berkarbonasi yang mengandung kadar asam tinggi bisa menurunkan kekuatan email gigi. Dokter gigi, terang dia, bahkan telah menganjurkan penggunakan sedotan atau mengonsumsi minuman ini sekaligus saat makan.

Akan tetapi, terang Ren, efek yang ditimbulkan minuman ini ternyata jauh lebih buruk dari yang telah diperkirakan sebelumnya. Email yang melemah dan tererosi, menurut Ren, akan meningkatkan risiko perkembangan dan penyebaran kerusakan gigi. Sebagian besar minuman, termasuk soda dan jus buah, terang Ren lagi, bersifat asam secara alami." Studi kami menunjukkan bahwa jus jeruk, sebagai contoh, potensial menyebabkan erosi gigi. Hal ini akan menjadi masalah serius bagi mereka yang minm jus buah dan soda setiap hari," ujar Ren, seperti dikutip situs dailymail.

Menurut Ren, belum ada cara efektif yang bisa mengatasi dampak erosi ini."Meskipun ada indikasi awal kalau menambah kadar fluor yang lebih tinggi bisa memperlambat proses erosi." Semakin lama gigi kontak dengan minuman yang mengandung asam, terang Ren, akan semakin banyak erosi yang terjadi. Dan mereka yang menghisap minuman secara perlahan hingga menghabiskan waktu 20 menit, lanjut Ren lagi, cenderung mengalami erosi lebih banyak dibandingkan mereka yang minum dengan cepat.

"Untuk menjaga kesehatan gigi, ada baiknya menjaga kebersihan gjgi dengan menggosok gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluor."


Sumber
mediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive