Selasa, 22 Juni 2010

Hindari Ngemil Saat Nonton Piala Dunia

Tak lengkap rasanya menonton pertandingan Piala Dunia atau acara favorit tanpa makanan ringan. Mulut seolah tak bisa berhenti mengunyah, sehingga tanpa sadar, kita terus memasukkan camilan ke dalam mulut tanpa sisa.

Bagi sebagian besar orang, camilan adalah pasangan sejati saat menonton televisi, terutama pada malam hari. Kebiasaan ini pula yang lalu menyebabkan meluasnya efek negatif makanan ringan terhadap tubuh.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu mengurangi camilan setelah makan malam seperti dikutip dari laman Shine.

1. Gigi

Studi baru menemukan bahwa orang yang makan makanan ringan larut malam lebih cenderung mengalami kerusakan gigi seiring bertambahnya usia mereka. Sebab, banyak orang yang menganggap tak perlu menyikat gigi setelah mencicipi sesendok selai kacang atau makan roti lapis sambil menonton televisi dini hari.

2. Ukuran pinggang

Meskipun peneliti mengatakan mengemil larut malam sesekali tidak memengaruhi berat badan, tetapi kondisi tersebut berkaitan langsung dengan gangguan makan. Jika setiap malam Anda masih saja mengorek-ngorek isi kulkas untuk menemukan makanan kecil, kemungkinan Anda mengidap semacam gangguan tidur dan pola makan.

3. Kebiasaan tidur

Tidur dalam keadaaan lapar sangat tidak nyaman, namun rasa kenyang berlebihan juga mencegah Anda untuk kembali tertidur. Minuman berkafein atau makanan pedas juga memiliki efek merugikan jika dikonsumsi tengah malam.

4. Pencernaan

Makan camilan di tengah malam membuat Anda rentan terkena sakit maag. Sebab, mengunyah makanan dan langsung berbaring membuat jalur sambungan tubuh berubah. Seharusnya, jalur esofagus dan perut vertikal saat tubuh memproses makanan. Namun, karena langsung tidur, Anda menjadikannya horizontal. Jadi jangan heran mengapa perut dan lingkar pinggang Anda membesar.

Agar kebiasaan jelek ini berkurang, sebaiknya membiasakan makan malam dengan porsi yang cukup. Perbanyak buah dan sayuran kaya serat, yang dapat bertahan lebih lama dalam perut. Bila Anda masih merasa lapar, makanlah potongan buah, akhiri dengan minum, dan menyikat gigi sebelum beranjak tidur.



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive