Selasa, 29 Juni 2010

Melatih Otak Dengan Jelajah Internet


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menjelajah website di internet ternyata dapat membuat otak Anda tetap fit.

Dalam penelitian itu tidak disebutkan dengan pasti apakah kegiatan mencari data pada 'mesin pencari' seperti google dan yahoo baik untuk kesehatan otak. Namun, penelitian yang melibatkan orang berusia 20 tahun keatas ditemukan bahwa otak bekerja lebih aktif ketika mencari informasi di internet daripada sekedar membaca artikel pad sebuah website.

"Penjelasannya sederhana, aktivitas komputer sehari-hari ternyata mengaktifkan sirkuit saraf di otak," ujar Dr Gary W. Small, direktur University of California, Los Angeles.

Small dan rekannya melakukan suatu penelitian dimana terdapat dua kelompok, yaitu yang biasa menggunakan komputer dan yang baru menggunakan komputer untuk pertama kalinya.

Penelitian tersebut dikembangkan untuk membedakan bagaimana kaum muda dan yang lebih tua dalam melakukan aktivitas dengan internet, hal tersebut dilihat dari berapa lama mereka berinteraksi dengan komputer.

Dalam penelitian, para peneliti memilih relawan 24 orang berusia 55-76 tahun. Sebagian sudah berpengalaman menggunakan komputer, sedangkan sebagian yang lainnya tidak.

Kelompok tersebut dibagi lagi menjadi dua. Yang satu bertugas menjelajah internet dengan menggunakan 'mesin pencari' sedangkan yang satunya lagi hanya membaca teks yang tertera pada website.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan 'mesin pencari' aktifitas otaknya lebih aktif dibanding kelompok yang hanya membaca. Paul Sanberg, direktur University of South Florida, mengatakan bahwa mungkin 'pencarian' di internet dapat meningkatkan otak.

"Ada bukti bahwa ketika otak lebih aktif, maka otak lebih banyak membuat sambungan," katanya, "Hal itu memaksa otak terus berfungsi dan memberikan perlindungan pada sistem saraf," tambah Sanberg.


Sumber
MediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive