Minggu, 20 Juni 2010

Evaluasi Lensa Kontak Tiap 6 Bulan


Pemakaian lensa kontak (soft lense) yang semakin menjadi tren memang tidak mengenal batasan usia. Penggunanya semakin banyak dan semakin muda usianya.

Selain sebagai alat untuk mengoreksi gangguan, lensa kontak juga sekaligus berfungsi kosmetik. Yang penting di sini, menurut dr.Tri Rahayu, Sp.M, FIACLE, pengguna sudah bisa merawat lensa kontak dan matanya dengan baik.

Mengingat risiko yang ada, dr.Tri menganjurkan sebaiknya periksa ke dokter sebelum menggunakan lensa kontak. "Untuk mengetahui apakah kondisi matanya memang cocok untuk menggunakan lensa kontak," tuturnya.

Menurutnya, orang yang matanya sedang mengalami radang aktif atau alergi aktif, ada kelainan mata kering (dry eyes) berta, tidak boleh memakai lensa kontak. Kelainan berupa kelopak mata tidak menutup sempurna juga tidak diperbolehkan menggunakan lensa kontak.

Pengidap diabetes yang tidak mengontrol kadar gula darahnya juga sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak. "Pasien diabetes itu matanya cenderung kering, jadi kalau gulanya tak terkontrol ditambah memakai lensa kontak, malah bisa jadi bengkak di mata," ujarnya.

Satu kondisi yang menurutnya justru lebih baik jika menggunakan lensa kontak yaitu pada mata minus yang perbedaan antara mata kiri dan kanan sangat jauh.

"Untuk pemakaian kacamata, beda minus antara mata kiri dan kanan maksimal tiga. Lebih dari itu bisa membuat pusing. Bagi yang perbedaan minusnya jauh inilah secara medis perlu lensa kontak," paparnya.

Setelah menggunakan lensa kontak, ada atau tidak ada keluhan, sebaiknya secara periodik setiap enam bulan sekali juga dilakukan evaluasi, siapa tahu ada efek samping yang tidak dirasakan pemakai.

"Memang pengguna tidak merasakan perubahan apa-apa, tapi lewat pemeriksaan oleh dokter bisa diketahui jika ada gangguan," katanya. Ia juga mengingatkan untuk menggunakan lensa kontak sesuai waktu yang telah ditentukan. Misalnya lensa untuk masa satu bulan jangan diperpanjang pemakaiannya, meski masih terasa nyaman di mata.

"Sebaiknya dipatuhi itu. Jangan hanya karena mau ngirit beberapa puluh ribu lalu mengalami kerugian lebih besar," ujarnya. (GHS/rin)



Sumber
Kompas.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive