Selasa, 29 Juni 2010

Diabetes Turunkan Daya Otak


DIABETES tidak bisa disembuhkan tetapi tetap bisa dikontrol. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka bisa mengundang berbagai penyakit baru, salah satunya adalah menurunnya kamampuan otak. Hal ini ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Edinburg. Kegagalan mengontrol diabetes jenis 2, menurut peneliti, bisa menurunkan daya ingat dan mengurangi kemampuan otak. Kerusakan ini, terjadi karena turunnya kadar gula darah yang terlalu drastis (hypoglycemia) secara berulang-ulang.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan 1066 pasien pengidap diabetes jenis 2 dengan rentang usia antara 60 dan 75 tahun. Mereka diminta melengkapi 7 tes untuk meneliti kemampuan mental seperti ingatan, logika dan konsentrasi.

Hasil penelitian menunjukkan, 113 partisipan yang telah mengalami hypoglycemia sebelumnya mempunyai skor yang lebih rendah dibandingkan dengan partisipan lainnya. Mereka mempunyai skor yang lebih rendah dalam tes kemampuan mental secara umum dan tes kosa kata.

Penyebabnya

"Penyebabnya bisa saja hypoglycemia yang menyebabkan penurunan kemampuan kognitif atau penurunan kemampuan kognitif yang membuat pengidap semakin kesulitan mengontrol diabetes mereka sehingga bisa menyebabkan semakin seringnya terjadi hypoglycemia," terang pemimpin studi Dr Jackie Price seperti yang dikutip oleh situs bbc. Selain itu, lanjut Price, bisa saja ada faktor ketiga yang menyebabkan terjadinya hypoglycemia dan penurunan kemampuan kognitif.

Menurut Dr Iain Frame, direktur riset di Diabetes UK, studi ini menguatkan bukti-bukti sebelumnya yang menyatakan bahwa diabetes yang tidak dikontrol bisa mempengaruhi fungsi otak."Kita sudah tahu kalau diabetes jenis 2 meningkatkan risiko mengalami penyakit alzheimer, salah satu jenis demensia, dan penelitian ini menambah bukti untuk menjawab teka-teki yang sangat rumit ini," terang dia.


Sumber
mediaindonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive