Sabtu, 27 November 2010

Foto Perokok Halangi Usaha Berhenti Merokok

Sebuah studi menunjukkan, hanya dengan melihat foto seseorang yang sedang mengepulkan asap rokoknya, akan mengganggu usaha Anda untuk berhenti merokok.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di Psychopharmacology edisi 5 Januari, Scan otak yang dilakukan pada perokok sebelum dan 24 jam setelah berhenti merokok menunjukkan peningkatan aktivitas di area tertentu pada otak yang mengisyaratkan orang tersebut untuk kembali tertarik saat melihat foto orang lain yang sedang merokok.

"Kami melihat adanya aktivasi di bagian dorsal striatum, satu area yang berperan dalam kebiasaan belajar atau hal-hal yang kita lakukan dengan menghafal, seperti mengayuh sepeda atau menyikat gigi. Penelitian kami menunjukkan bahwa saat perokok melihat pemicu ini setelah berhenti, itu bisa mengaktifkan area di otak yang bertanggungjawab untuk respon otomatis," kata peneliti Joseph McClernon.

"Jadi, jika kita benar-benar ingin membantu orang berhenti merokok, Anda tidak bisa hanya mengajaknya untuk menghindari godaan, tetapi juga harus membantu mereka menghentikan respon tersebut," tambahnya.

"Hanya 5% usaha yang dilakukan tanpa bantuan, berhasil," kata McClernon,"Sebagian besar perokok yang mencoba berhenti akan merokok kembali. Kami mencoba memahami bagaimana proses ini terjadi di otak, dan penelitian ini membawa kami satu langkah lebih dekat."

Jed-Rose, Direktur the Duke Center for Nicotine and Smoking Cessation Research, mengatakan bahwa penelitian yang dia lakukan sebelumnya menunjukkan, merokok tanpa menggunakan nikotin akan memutus kebiasaan yang terpola ini. "Kebiasaan merokok tanpa nikotin tidak akan membuat mereka kecanduan," kata Rose.

"Melakukan ini sebelum orang benar-benar berhenti akan membantu memutus kebiasaan tersebut sehingga mereka akan semakin jarang merokok."



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive