Kamis, 11 November 2010

Karyawan Introvert Cocok Kerja Malam

JIKA Anda termasuk orang dengan kepribadian introvert, janganlah berkecil hati. Tetap tersedia lapangan pekerjaan bagi Anda. Perusahaan membutuhkan karyawan introvert karena dinilai sanggup bekerja di malam hari. Hasil penelitian yang sudah diterbitkan di Journal Sleep menunjukan, orang yang introvert cenderung lebih bisa menahan rasa kantuk dibanding orang ekstrovert.

Apa hubungannya? Rupp Tracy, salah satu psikolog dari Walter Reed Army Institute of Research, Amerika , menjelaskan tingkah laku dari dua kepribadian itu terbukti memengaruhi stimulasi otak untuk tetap terjaga.

Orang dengan kepribadian introvert lebih mampu menahan kantuk dibanding orang yang bersifat ekstrovert. Mereka lebih mudah tetap terjaga dan lebih baik hasilnya saat menjalani tes reaksi. Kondisi itu terjadi karena mereka tidak terlalu dipengaruhi kebutuhan stimulasi sosial.

Itu sebabnya, kemungkinan besar penelitian ini bisa diterapkan bagi para bos yang membutuhkan tenaga kerja dengan pembagian waktu kerja pagi dan malam hari.

Bagaimana dengan pemilik sifat ekstrovert? Kebutuhan bersosialisasi yang tidak terpenuhi, akhirnya justru membuat mereka lebih cepat mengantuk. Hasil penelitian yang dimuat di Daily Mail itu dilakukan dengan cara mengamati 48 sukarelawan berusia 18 hingga 39 tahun. Mereka dibiarkan terjaga selama 36 jam dalam beberapa kelompok.

Hasilnya si introvert lebih kuat begadang. Jadi, jika Anda membutuhkan karyawan untuk bekerja malam hari, ada baiknya mempertimbangkan hasil penelitian ini. (Lin/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive