Sabtu, 27 November 2010

Menu Untuk Gigi Sehat

Untuk mendapatkan tubuh indah bak gitar spanyol, tentu Anda harus menatur pola makan Anda. Begitu pula dengan gigi, untuk mendapatkan gigi kuat dan indah Anda juga harus mengatur jenis makanan yang Anda konsumsi.

Apakah Anda yakin hanya dengan menyikat gigi, menggunakan dental floss, mengunjungi dokter gigi, atau berkumur dengan moutwash cukup untuk menjaga kesehatan gigi Anda?. Semua tubuh termasuk gigi membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan kuat. Berikut ini adalah tips yang diberikan situs webMD berupa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi Anda :

Minum Teh

Teh hitam (black tea) dan teh hijau (green tea) mengandung polyphenol, komponen antioksidan yang mencegah plak yang menempel di gigi Anda dan membantu mengurangi risiko gigi berlubang dan penyakit pada gusi.

"Teh juga potensial untuk mengurangi bau nafas tak sedap dengan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut," ujar Christine D. Wu, PhD, dari Chicago College of Dentistry di Universitas Illinois, Amerika Serikat yang menyelenggarakan beberapa studi terhadap teh dan kesehatan oral. teh juga mengandung fluoride, dimana dapat melindungi lapisan gigi dari kerusakan.

Minum dengan menggunakan sedotan

Sebagian besar soda, minuman kesehatan, dan bahkan jus mengandung zat asam, seperti citric dan phosphoric, yang dapat menggerus lapisan gigi, meskipun rendah gula (lite sugar) atau bebas gula (sugar free). Meminum jenis cairan tersebut dengan menggunakan sedotan akan meminimalisir rusaknya lapisan gigi tersebut.

Konsumsi vitamin C

"Vitamin C merupakan perekat yang mampu menahan sel gigi bersama-sama, sama pentingnya vitamin C untuk kulit Anda, tapi juga penting utnuk kesehatan gusi Anda," ujar Paula Shannon Jones, DDS, juru bicara untuk Academy for General Dentistry. Orang yang mengonsumsi kurang dari 60 mg perhari vitamin C (atau sekitar 8 ons jus jeruk atau satu buah jeruk yang mengandung sekitar 80 mg vitamin C) dimana 25 % berisiko menderita penyakit gusi dari pada mereka yang mengonsumsi 180 mg atau lebih.

Konsumsi 800 mg kalsium per hari

Menurut sebuah studi terbaru, orang yang tidak terpenuhi kebutuhan kalsium akan meningkatkan risiko penyakit gusi. Alasannya, sekitar 99% kalsium di dalam tubuh akan diserap oleh gigi dan tulang. Kebutuhan kalsium bisa didapatkan melalui keju, susu, dan yogurt. Rekomendasi kalsium yang tercukupi adalah 1.000 mg perhari.



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive