Sabtu, 20 November 2010

Tujuh Minuman Pengganti Air Putih

KITA tentu menyadari betapa besar manfaat air putih bagi kesehatan, tapi jujur saja terkadang kita pun bosan untuk meminumnya sehingga menggantinya dengan jenis minuman lain yang memiliki rasa, tapi belum tentu menyehatkan. Sebenarnya ada beberapa jenis minuman yang dapat menggantikan air putih, tapi tetap memiliki manfaat kesehatan.

Selama ini kita direkomendasikan untuk meminum sedikitnya delapan gelas air per harinya guna mengurangi perut kembung, mencegah sakit kepala, menangkal penyakit, dan mencegah kerutan pada kulit. Itulah beberapa manfaat dari air putih yang tentunya membuat kita tak harus membayar mahal karena mudah mendapatkannya. Namun, H2O bukanlah satu-satunya zat yang mampu menjaga kesehatan Anda. Ada banyak jenis minuman yang juga baik bagi kesehatan seperti halnya air putih. Antara lain kopi yang kerap diasumsikan dapat membuat orang menjadi kecanduan. Padahal kopi justru merupakan minuman yang menyehatkan karena dapat menurunkan risiko alzheimer dan parkinson, kanker payudara, kanker kulit, diabetes, batu empedu, bahakan kanker mulut.

Berikut beberapa jenis minuman yang dapat Anda jadikan alternatif sebagi pengganti air putih:

1. Jus jeruk
Jus jeruk dapat membatu menangkal penyakit jantung. Antioksidan di dalam jus jeruk melindungi Anda dari peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan mereka yang makan fast food lalu meminum jus jeruk memiliki radikal bebas yang jumlahnya lebih sedikit ketimbang mereka yang makan fast food dan diakhiri dengan air. Namun, perhatikanlah takaran gulanya karena terlalu banyak gula juga tak baik bagi kesehatan. Satu gelas jus jeruk sebaiknya mengandung 21 gram dan 122 kalori.

2. Teh kamomil
Percaya atau tidak, teh kamomil dapat membuat Anda merasa tenang. Mereka yang mengonsumsi teh kamomil setiap harinya selama dua bulan akan mengalami penurunan rasa cemas, menurut studi dari Universitas Pennsylvania di Philadelphia. Atasi rasa gelisah pada malam hari dengan meminum secangkir teh kamomil.

3. Jus cranberry
Jus cranberry ampuh mencegah penyakit pada gusi dan infeksi kandung kemih. Bahan alami dalam jus ini mencegah penyakit gussi dengan menangkal bakteri di gigi tepatnya di bawah gusi. Jus cranberry juga berkontribusi 39 persen kebutuhan vitamin C perharinya, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menjaga kesehatan kandung kemih.

4. Susu cokelat
Susu cokelat dapat menjaga perut supaya tetap rata. Segelas susu cokelat mengandung banyak karbohidrat dan protein yang mampu memulihkan tenaga Anda setelah banyak berkegiatan maupun olahraga. Atlet yang meminumnya setelah
berolahraga cenderung memiliki otot yang lebih sehat ketimbang atlet yang hanya minum air, menurut studi yang dilakukan American College of Sports Medicine. Susu cokelat juga mengurangi rasa sakit dan kelelahan.

5. Teh hijau
Teh hijau diketahui mempu menjaga berat badan. Tikus yang melakukan latihan dan meminum teh hijau diketahui 22 persen berisiko lebih kecil mengalami penambahan berat badan. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat merevitalisasi metabolisme tubuh sehingga memudahkan pembakaran lemak. Apalagi teh hijau juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal penyakit jantung dan kanker. Cobalah tambahakan es ke dalam teh hijau Anda,pasti lebih menyegarkan.

6. Jus tomat
Jus tomat diketahui dapat menurunkan risiko terkena kanker. Minuman ini kaya akan vitamin B dan lycopene yang mampu menangkal kanker.

7. Teh hitam
Teh hitam mempu melindungi Anda dari kanker kulit. Minuman klasik ini merupakan sumber flavonoid yakni antioksidan yang mengandung zat penangkal kanker. Menurut hasil penelitian, meneguk secangkir teh hitam setiap harinya dapat menurunkan risiko terkena karsinoma sel skuamosa, salah satu tipe kanker kulit hingga 30 persennya. Baik diminum hangat maupun dingin, teh hitam juga baik untuk merawat kulit sehat Anda. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive