Rabu, 10 November 2010

Kanker Payudara Pria Sulit Ditangani

TAK hanya kaum hawa, kaum adam juga memiliki risiko mengidap kanker payudara. Karena ukurannya yang terlalu kecil, pengobatannya pun tergolong lebih rumit bila didiagnosis sudah dalam tahap lanjut.

"Banyak pria yang tak sadar bahwa dirinya juga berisiko terkena kanker payudara karena memang kasusnya pada pria terbilang sedikit dan jarang dilaporkan. Pria juga memiliki nodul pada payudara dan ketidakseimbangan hormon setelah usia 40 dapat menyebabkan kanker payudara," kata Sameer Kaul, ahli onkologi bedah di Rumah Sakit Apollo.

Kaul menuturkan setiap 100 kasus kanker payudara, 99-nya terjadi pada perempuan dan 1-nya pada pria. "Sel kanker juga bisa muncul pada jaringan payudara pria. Namun, permasalahannya, karena ukuran payudaranyanya yang kecil, sel kanker akan lebih cepat meyebar ke jaringan tubuh lainnya," kata Kaul.

Rasa takut dan enggan pria untuk memeriksakan diri ke dokter, kata Kaul, menjadi penyebab penyakit ini sulit ditangani pada pria. Padahal, dianosis dan proses pengobatan kanker payudara pada pria sama saja seperti halnya pada perempuan.

"Pengobatan yang dilakukan meliputi kemoterapi dan operasi pemindahan tumor, bergantung pada tahap tumor saat didiagnosis," kata Rudra Acharya yang juga ahli onkologi bedah di Artemis Health Institute, Gurgaon.

Adapun gejala kanker payudara pada pria biasanya berupa pembengkakan pada area sekitar payudara, muncul nanah, dan benjolan pada ketiak dan sekitar payudara. "Mamografi tak akan banyak membantu karena ukuran payudara yang terlalu kecil, Maka itu, lebih baik dilakukan pemeriksaan melalui MRI dan CT scan," tambah Acharya. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive