Rabu, 10 November 2010

Bayi Sungsang Lebih Aman Lahir Alami

PARA peneliti di Universitas Tel Aviv menyatakan bahwa dalam beberapa kondisi, persalinan alamiah melalui vagina bagi bayi sungsang dinilai lebih aman tak hanya untuk bayi, tapi juga bagi sang ibu.

Khusus bagi bayi sungsang yakni bayi yang lahir dengan posisi pantat atau kaki yang keluar pertama kali, biasanya dokter akan segera melakukan operasi caesar. Namun, Prof Marek Glezerman dan koleganya memercayai bahwa melahirkan bayi sungsang dengan cara tradisional lebih aman bagi ibu dan bayi.

Pada caesar, prosedur operasi pembedahan, C-section, tak hanya berisiko bagi perempuan karena tak akan menyebabkan risiko tidak dapat menyusui, tapi juga menimbulkan risiko pada kehamilan yang berikutnya.

Bila seorang perempuan telah menjalani operasi kelahiran C-section, biasanya ia berpeluang kecil untuk dapat melahirkan secara alami pada kehamilan berikutnya karena dinding dan otot rahim berisiko pecah.

Glezerman mengatakan kelahiran dengan operasi memang dinilai lebih aman dan mudah bagi bayi sungsang jika dibandingkan dengan persalinan alami. Meski begitu, nyatanya semakin hari semakin banyak perempuan yang menginginkan persalinan secara alami.

"Pengetahuan orang mengenai kelahiran secara alami semakin berkurang saja dan para dokter senior pun makin kurang dalam menyosialisasikannya. Maka itu, ke depan, kita semestinya mesti mempelajari kembali apa yang telah dilupakan," katanya. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive