Kamis, 11 November 2010

Hilangkan Stres Seketika dengan Graphotherapy

DI antara banyak strategi untuk mengeyahkan stres, ada satu cara unik bin ajaib yang bisa kita lakukan untuk membuat diri lebih tenang yakni menggambar dengan teknik graphotherapy. Anda sebenarnya sudah terbiasa melakukan hal ini mungkin sejak sekolah dasar tanpa Anda sadari itu merupakan cara mudah untuk mengusir rasa bete dan cemas.

Percaya atau tidak, begitu Anda merasa bete segera cari kertas dan pulpen dan buat gambar memutar. Anda dapat melakukan ini di mana pun, baik saat di meja kerja, di saat rapat, bahkan kala berada dalam kelas. Teknik ini merupakan salah satu metode dalam graphotherapy.

Adapun grafo terapi adalah terapi yang didasarkan pada hubungan antara pikiran bawah sadar seseorang dan tulisan tangan sebagai dua jalan yang saling berhubungan. Hubungan tersebut menghasilkan tulisan tangan yang merefleksikan pikiran bawah sadar seseorang. Dalam melakukan terapi ini, bentuk tulisan yang negatif secara perlahan dilatih untuk digantikan dengan bentuk yang positif. Lambat laun, sikap negatif yang dimiliki seseorang akan berkurang.

Terapi ini biasanya diterapkan pada anak-anak, tapi para peneliti mengemukakan bahwa metode ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan ketegangan atau kecemasan yang disebabkan meningkatknya hormaon stres dalam tubuh. Menggambar garis memutar secara terus-menerus akan membuat diri menjadi tenang dan relaks. Serta, meningkatkan keseimbangan dan kooordinasi tubuh.

Untuk melakukan hal ini, mulailah menggambar garis dari bagian kertas paling atas dan teruskan dengan arah seperti halnya Anda menulis. Di akhir kertas ulangi lagi dengan baris baru. Terus lakukan hingga Anda mencapai bagian bawah halaman. Saat melakaukannua usahakan tangan dalam posisi senyaman mungkin. Coba lakukan dengan perlahan dan sesantai mungkin dan lihat efeknya beberapa saat kemudian. Selamat mencoba!(Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive