Sabtu, 27 November 2010

Vitamin dan Zat Penyehat Mata

MESKI berada di urutan teratas, terdapat beberapa zat lain yang juga baik untuk kesehatan mata. Walaupun memang vitamin A sangatlah bermanfaat bagi mata karena mampu mencegah kebutaan dan xerophthalmia atau kondisi mata kering yang bisa berujung pada penyakit katarak.

1. Lutein dan zeaxanthin
Adapun zat lutein dan zeaxanthin juga bisa membantu menjaga kesehatan retina dengan tak hanya menunda perubahan di dalam retina, tapi juga mampu menjadi penyokong protein. Lutein dan zeaxanthin bisa ditemukan pada sayuran hijau khususnya bayam dan jagung.

2. Vitamin C
Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan juga bagus untuk retina dan mampu mencegah katarak. Vitamin ini juga membantu proses penyembuhan dan memperkuat mata. Bila Anda seorang perokok, peminum, atau pengidap diabetes, ada baiknya meningkatkan asupan vitamin C karena biasanya golongan tersebut memiliki vitamin C yang sedikit pada tubuhnya. Coba konsumsi jeruk, beri, paprika, kentang, dan sayuran hijau.

3. Selenium
Selain vitamin A dan C, mineral juga penting bagi kesehatan mata. Contohnya saja selenium yang membantu penyerapan vitamin E dan menghasilkan antioksidan. Makanan yang kaya akan selenium di antaranya kacang brasil dan makanan laut (seafood).

4. Zinc
Sementara itu, zinc membantu tubuh menyerap vitamin A dan berperan sebagai enzim yang membantu mengurangi jumlah kandungan radikal bebas di dalam tubuh. Zinc juga mampu melindungi kita dari degenerasi makular. Makanan yang kaya akan zinc yakni gandum dan kacang.

5. Asam lemak omega 3
Makanan sumber asam lemak omega 3 yakni ikan berjenis cold water yang kaya akan EPA dan DHA seperti salmon dan kembung. Selain ikan, kita bisa mendapatkan zat ini dari minyak sayur. Bahkan, asam omega 3 telah banyak yang dikemas dalam bentuk suplemen. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive