Rabu, 10 November 2010

Stres, Penyakit Top Karyawan

STRES tenyata merupakan masalah kesehatan nomor satu di kalangan karyawan, terutama pada karyawan yang bekerja pada sarana publik. Dari survei terhadap 2.000 karyawan yang digelar TUC, diketahui stres merupakan penyakit paling umum yang diderita karyawan.

Menurut Wikipedia, stres adalah suatu kondisi dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting.

Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun penelitian mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Pada lingkungan kerja, selain stres, masalah lain yang kerap dilaporkan yakni pelecehan dan bullying yang jumlah kasusnya lumayan meningkat pada dua tahun belakangan. Selain itu, beban kerja berlebihan dan nyeri punggung. Sekretaris Umum TUC Brendan Barner mengatakan, "Stres biasanya diakibatkan tekanan dari beban kerja, jam kerja yang berlebihan, dan bullying."

Ia menambahkan, "Krisis ekonomi dan redudansi telah menciptakan rasa cemas tentang pekerjaan yang berkepanjangan. Terkait juga dengan biaya hidup yang semakin besar. Maka itu tak mengherankan bila tingkat stres pada karyawan pun meningkat." Untuk itu, pihaknya pun menyarankan agar perusahaan dan karyawan mestinya saling bekerja sama untuk menangkal stres. Bila tidak ditanggulangi, hal itu akan berdampak buruk pada kesehatan para karyawan dan tentunya merugikan pihak perusahaan. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive