Sabtu, 27 November 2010

Hentikan Perlakukan Gigi sebagai Alat

BILA kita amati beberapa iklan pasta gigi, ada yang menunjukkan bahwa seolah-olah setelah memakai pasta gigi dengan merek yang diiklankan, gigi kita menjadi sangat kuat hingga bisa membuka tutup botol. Namun, tepatkan penggambaran itu? Untuk menjaga kesehatannya, tak semestinya gigi dijadikan seperti halnya alat seperti untuk membuka tutup botol.

Kita pun tak menampik bahwa kita pernah menggunakan gigi sebagai alat baik itu untuk membuka kemasan plastik, tutup botol, dan lainnya. Hal itu pun turut tidak disarankan oleh banyak ahli gigi antara lain oleh salah seorang blogger di Aoral Answer, Tom. "Kita kerap tak sadar menggunakan gigi sebagai alat karena memang gigi bisa sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, tapi sebetulnya secara perlahan kebiasaan itu akan merusak gigi," katanya.

Ia menjelaskan, "Menggunakan gigi dengan menggigit benda asing semisal tutup botol bisa menyebabkan maloklusi yakni adalah suatu kelainan susunan gigi geligi atas dan bawah yang berhubungan dengan bentuk rongga mulut serta fungsinya. Maloklusi dapat berujung pada kelainan temporomandibular (TMJ)."

Tom mengisahkan dulu semasa menempuh pendidikan ilmu kesehatan gigi, seorang gurunya pernah menunjukkan gambar seorang perempuan tua yang terbiasa menggunakan gigi depannya untuk menahan pin saat merajut dan menjahit. Seiring dengan waktu, giginya pun menyesuaikan dan akhirnya terbentuklan lubang kecil di bawah gigi depannya. Hal itu bisa berlaku pula pada para pekerja banguanan yang kerap menggigit paku sembari mengejakan pekerjaan lainnya.

Adapun kebiasaan lain yang bisa membahayakan gigi antara lain menggigit-gigit pensil, mengunyah es balok, membuaka kulit kacang atau kerang, dan menggigit kuku jari. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive