Senin, 22 November 2010

Obat Berwarna Merah Lebih Diminati

BERBAGAI barang berwarna merah dan merah muda seperti mobil, pakaian, dan sepatu selama ini telah menjadi favorit banyak orang. Tapi tak hanya pada jenis barang-barang tersebut, ternyata warna-warna itu juga dijadikan pilihan orang saat memilih obat.

Ya, para peneliti di Universitas Bombay menemukan fakta bahwa obat berwarna merah dan merah muda ternyata lebih disukai dan penjualan lebih besar ketimbang obat sama dengan warna yang berbeda. Sebenarnya tak hanya warna, ternyata nama, bentuk, dan warna pil berpengaruh kepada pilihan seseorang untuk membeli obat seperti halnya membeli baju atau sepatu.

Fakta itu didapat oleh RK Srivastava dan koleganya yang menyurvei 600 orang yang membeli obat over-the-counter (OTC). Ditemukan bahwa sepertiga orang ternyata lebih memilih obat dari bentuk dan warnanya.

Anehnya lagi, sebanyak 14 persen orang berpikir bahwa tablet berwarna merah muda lebih manis daripada yang berwarna merah atau warna lain. Dan, tablet berwarna kuning dianggap rasanya lebih asin ketimbang tablet warna lainnya. Adapun sebanyak 11 persen berpikir bahwa tablet berwarna biru atau putih rasanya lebih pahit dan 10 persennya berpikir tablet berwarna oranye rasanya asam.

"Tampaknya para pasien memiliki persepsi tersendiri tentang rasa obat yang mereka minum, baik saat tablet yang ditelan dan dikunyah, obat cair yang diminum, krim atau salep," kata salah satu peneliti. Persepsi itu pun, tambahnya, bisa memengaruhi efektivitas pengobatan seseorang. Hasil penemuan ini telah dipublikasikan dalam Journal of Biotechnology edisi November 2010. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive