Senin, 15 November 2010

Cara Bantu Sahabat Berkanker Payudara

KANKER payudara adalah penyebab kematian pertama pada perempuan usia 15-54 tahun. Menurut data Komunitas Kanker Amerika, pada usia 40 tahun risiko seorang perempuan mengidap kanker payudara sebesar 1:68 dan di usia 50 tahun 1:37. Untuk itu, tentunya akan ada seorang ibu yang terkena penyakit tersebut.

Terlebih bila ia memiliki anak-anak yang masih kecil. Sulit pastinya menjalani hari dengan berjuang melawan kanker sembari harus tetap memperhatikan anak-anak. Bila Anda memiliki sahabat seperti itu, Anda bisa sangat membantunya dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Jaga anaknya. Buatlah jadwal supaya Anda dapat membantu dengan menjaga anak-anaknya.

2. Berilah makanan sehat untuk keluarganya. Bekunjunglah ke rumah teman Anda dan bawalah makanan seperti camilan sehat sebagai buah tangan untuk seluruh anggota keluarga.

3. Anda juga bisa membantu secara finansial. Sisihkan uang Anda dan simpan di sebuah rekening yang dapat Anda gunakan jika sewaktu-waktu teman Anda membutuhkan dana dadakan.

4. Perlakukan teman Anda secara normal atau seperti biasanya saja. Jangan menelepon setiap hari untuk menanyakan bagaimana penyakitnya. Bincangkanlah topik seputar kegiatan sehari-hari, bukan tentang kanker.

5. Begitu pula dengan anak-anaknya, perlakukan seperti biasa. Ajak mereka bermain dan berikan mereka makanan kesukaannya.

6. Dengarkan pula bila anak-anak ingin berkata sesuatu tentang ibu mereka kepada Anda. Bila si anak mengutarakan ketakutannya, ajaklah ia melakukan kegitakan lain yang bisa mengalihkan rasa takutnya seperti dengan menggambar atau mengerjakan keterampilan yang membutuhkan konsentrasi. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive