Senin, 22 November 2010

Partikel Sampo Pengaruhi Kesehatan Paru-Paru

PENELITIAN yang dilakukan oleh Universitas Edinburgh telah menunjukkan bahwa partikel kecil yang terkandung dalam beberapa produk kebutuhan rumah tangga seperti sampo hingga komputer bisa memengaruhi kesehatan paru-paru melalui berbagai cara.

Para peneliti menyarankan kepada pihak industri untuk lebih berhati-hati terhadap risiko penggunaan beberapa tipe nanopartikel yang biasa digunakan dalam produk yang mereka buat.

Nano partikel yang ukurannya 10 ribu kali lipat lebih kecil daripada rambut manusia sangat berbahaya. Khususnya bagi para pekerja pabrik yang mengemas prosuk ini karena mereka berisiko besar terpapar dan menghirup partikel tersebut.

Menurut hasil stusi, ada 4 tipe nanopartikel. Pada tikus, keempat tipe itu bisa menimbulkan efek yang berbeda-beda. Ada yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan ada pula yang memicu reaksi asma, yang terparah bisa menyebabkan cedera pada paru-paru.

"Nanopartikel kini semakin penting saja bagi industri dan penggunaannya semakin meningkat. Studi ini menunjukkan bahwa beberapa tipe nanopartikel ternyata bisa memicu penyakit, terlebih bagi para pekerja pabrik yang berisiko tinggi," kata Ken Donaldson, Profesor bidang toksikologi dari Universitas Edinburgh.

"Maka itu, disarankan, setiap tipe nanopartikel sebaiknya digunakan secara tepat untuk mengurangi risiko paparannya. Sehingga, kesehatan para pekerja dan konsumen pun akan lebih terjamin," tambahnya. Studi ini telah dipublikasikan pada jurnal Environmental Health Perspectives edisi November 2010. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive