Sabtu, 20 November 2010

Nikmati Sehatnya Daging Kambing

PADA umumnya, orang kerap kali menghindari daging kambing karena memandang daging itu merupakan pemicu hipertensi. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata daging kambing yang lezat mengandung lemak dan kalori yang lebih rendah ketimbang daging ternak lainnya.

Apalagi pada hari ini, 17 November 2010, umat muslim seluruh dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha yang ditandai dengan pemotongan hewan kurban. Di antara sapi, domba, atau lembu, hewan kurban yang paling banyak disembelih adalah kambing. Maka itu, tak mengherankan bila pada hari ini tentu banyak ibu yang mengolah daging kambing menjadi berbagai jenis masakan yang pastinya lezat semisal sate atau gulai kambing.

Maka itu, Anda sebenarnya tak perlu takut memakan daging kambing karena daging itu ternyata lebih menyehatkan ketimbang jenis daging lainnya. Dalam 100 gram daging kambing, terdapat 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Sedangkan, pada 100 gram daging sapi terdapat 207 kalori, 14 mg lemak, dan 51 mg lemak jenuh.

Selain itu, daging kambing juga salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker.

Adapun lemak kambing terletak di dalam dan saat disembelih, lemak ini akan ikut terbuang bersama dengan bagian dalam lain seperti lambung, usus, dan hati. Kaki kambing malah memiliki kandungan lemak paling rendah jika dibandingkan dengan bagian tubuh kambing lainnya. Namun, lemak kambing justru memiliki persentase kolesterol lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam atau sapi. Maka itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing yang berusia dibawah 6 bulan meski harganya lebih mahal.

Namun, perlu diingat Anda hanya boleh makan dagingnya, bukan lemaknya. Karena, dagingnya yang sehat dan lemaknya yang jahat. Jadi, sebelum memasak kambing, buang dahulu semua lemaknya.

Beberapa ahli gizi bahkan menganggap bahwa daging kambing paling baik untuk dikonsumsi dan cocok bagi yang tengah berdiet karena derajat keasamannya hampir mendekati PH tubuh manusia sehingga tubuh kita akan sangat mudah menyesuaikan diri dengannya. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive