Kamis, 11 November 2010

Terapi Image Rehearsal Ciptakan Mimpi Indah

PENGALAMAN buruk seperti pernah merasakan suatu situasi yang menegangkan semisal bencana alam pastinya akan meninggalkan trauma tersendiri. Seperti masyarakat Tanah Air yang telah melalui berbagai bencana alam. Dan, tak sedikit pula yang mengalami mimpi buruk berulang karena belum hilangnya perasaan takut tersebut.

Ketika bermimpi buruk, sebagian orang akan terbangun dengan rasa takut dan cemas sehingga sulit untuk kembali tertidur lelap. Namun, kini ditemukan sebuah cara baru untuk mengubah mimpi buruk menjadi mimpi indah.

Tak hanya di Indonesia, tentunya juga ada jutaan masyarakat dunia yang kerap mengalami mimpi buruk seperti sedang dikejar oleh sesuatu atau terjebak di sebuah tempat, bahkan mimpi yang menakutkan seperti bertemu dengan makhluk yang menakutkan. Ilmuwan yang meneliti perilaku tidur Dr Ross Levin mengatakan ada orang yang memiliki kepribadian yang lebih cenderung mengalami mimpi buruk. Satu cara terbaru untuk mengatasinya yakni dengan terapi image rehearsal yang dilakukan dalam tiga tahap.

"Orang yang mudah cemas, yang tengah tertekan, terutama tengan mangalami situasi yang buruk memang akan cenderung mengalami mimpi buruk lebih sering," kata Dr Levin.

"Dengan membayangkan mimpi buruk dan terus berusaha mengubah kisah yang ada dalam mimpi dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, secara bertahap mimpi buruk akan terasa kurang menakutkan," jelasnya. Dengan terus berusaha melatihnya setiap hari, sistem syaraf akan lebih tenang dan lama-kelamaan mimpi buruk akan menghilang.

Dr Levin mengisahkan ia pernah memiliki pasien yang selalu bermimpi dikejar oleh sesuatu hingga menuju ke sebuah lorong yang gelap. Untuk mengatasinya, Dr Levin mengupayakan agar pasiennya tersebut mengubah mimpi tersebut. Ia lalu mencoba mengubah kisah mimpi itu dengan menjadikan pria itu berhasil mengejar si pasien lalu berkata, "Maaf, dompet Anda tertinggal di meja." Dengan akhir cerita seperti itu, si pasien memang akan tetap bermimpi dengan akhir cerita yang sama selam 4-5 hari berikutnya. Lama-kelamaan, ia pun menjadi tak takut dan mimpi itu akan menghilang. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive