Sabtu, 27 November 2010

Pil Penghapus Kenangan Buruk Diragukan

KENANGAN buruk dalam hidup yang memilukan memang tak perlu diingat-ingat kembali, tapi sayangnya memori itu juga tak mungkin terhapuskan. Misalkan saat kehilangan orang tercinta atau trauma di masa kecil. Namun, kini Anda bisa menghapus kenangan buruk hanya dengan meminum pil.

Terobosan itu dilakukan oleh peneliti AS yang telah menemukan protein yang perlu dihilangkan dari bagian otak yang menimbulkan rasa takut untuk menghapus segala kenangan yang traumatis.

Penemuan ini bisa bermanfaat bagi para tentara yang telah melalui berbagai hal pahit saat menjadi korban kekerasan akibat perang atau pasangan yang baru saja mengalami perpisahan yang menyakitkan.

Adalah Profesor Richard Huganir dan koleganya menemukan adanya 'celah kerentanan' saat reseptor protein terbentuk otak akibat munculnya memori buruk. Karena tidak stabil, protein tersebut bisa dihilangkan dengan obat sekaligus menghapus memori buruk. "Saat hal traumatis terjadi, memori buruk pun tercipta dan bisa bertahan seumur hidup sehingga kehidupan seseorang pun terkena imbasnya," kata Profesor Huganir.

Namun tidak semua pihak yakin atas idenya. "Menghapus memori buruk seseorang merupakan ide yang brilian. Namun, hal itu cukup menakutkan. Bayangkan bila kita menghapus memori buruk seseorang bagaimana ia akan berkembang dan belajar dari pengalaman buruk yang telah ia alami?" kata Kate Farinholt dari kelompok pendukung kesehatan jiwa di Maryland. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive