Rabu, 10 November 2010

Bayi Lahir Caesar Lebih Kalem

MENURUT sebuah penelitian yang digelar di 'Negeri Tirai Bambu', terungkap bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar memiliki sifat lebih kalem ketimbang bayi yang lahir melalui proses normal. Mengapa bisa demikian?

Para peneliti mengutarakan bayi yang lahir melalui proses yang tergolong sulit melalui proses kelahiran secara alami cenderung memiliki masalah pada perilaku mereka ketimbang yang lahir secara caesar. Studi ini mendukung hasil studi sebelumnya yang mengungkapkan bahwa teknik persalinan memengaruhi tingkat hormon stres bayi seiring dengan pertumbuhan.

Setelah diamati, anak yang dilahirkan secara caesar ternyata memiliki emosi yang terbilang stabil.

Para peneliti menganalisis 4.190 anak di China berusia 4-6 tahun guna mengetahui pasti kaitan teknik persalinan dan perilaku anak. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang lahir melalui proses alami 40 persennya cenderung mangalami masalah perilaku dan emosi.

Para peneliti menyoroti tingginya kandungan hormon kortisol, hormon yang dihasilkan tubuh selama proses persalinan. "Kortisol ditengarai berpengaruh pada psikologis anak, tapi memang dibutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui analisis ini lebih detail," kata Profesor Jianmeng Liu dari Institusi Reproduksi dan Kesehatan Anak Beijing.

Liu mengatakan ini merupakan studi pertama yang menganalisis efek persalinan ibu terhadap perilaku dan emosi anak. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive