Sabtu, 27 November 2010

6 Mitos tentang Kesehatan Mata

APAKAH sewaktu kecil orang tua pernah menyuruh Anda untuk memakan banyak wortel agar tak mesti mengenakan kacamata? Atau, Anda pernah dimarahi karena menonton terlalu dekat dengan TV karena bisa membuat mata buta? Saat kita beranjak dewasa nasihat itu tentu semakin tidak logis dan kita pun berpikir apa sebenarnya alasan di balik nasihat itu.

Berikut beberapa mitos mengenai mata yang akan membuka mata Anda dan mungkin bertentangan dengan banyak pernyataan yang kerap Anda dengar mengenai mata.

1. Mitos: Makan wortel akan membantu penglihatan
Sebenarnya, tak studi yang membuktikan bahwa penglihatan kita akan meningkat bila memakan banyak wortel. Memang, wortel kaya akan vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan mata. Maka itu, kekurangan vitamin A tentu akan mengurangi optimalisasi mata. Namun, Anda tak perlu sampai mengonsumsi suplemen vitamin A karena tubuh Anda tak memerlukannya terlalu banyak.

2. Mitos: Komputer membahayakan mata
Sebenarnya, mata lelah tidak melulu berhubungan dengan komputer, tapi bagaimana cara Anda menggunakannya. Sebagian besar orang terkadang bisa lupa mengedipkan dan mengistirahatkan mata saat bekerja di depan komputer atau saat membaca. Karena itulah, terlalu lama melihat layar monitor tanpa mengedip bisa membuat mata kering dan lelah. Namun tenang, hal itu tak akan membuat mata sakit, tapi jangan lupa untuk menistirahatkan mata sejenak saat bekerja.

3. Mitos: Membaca dengan cahaya redup merusak mata
Sebenarnya, membaca dengan cahaya temaram tak akan merusak mata, tapi akan membuat mata menjadi letih. Maka itu, ada baiknya Anda tak mebuat mata harus bekerja keras dengan membaca dengan cahaya yang cukup terang.

4. Mitos: Bila mengenakan kacamata atau lensa kontak akan ketergantungan
Sebenarnya, memakai kacamata atau lensa kontak tak akan menyebabkan ketergantungan atau menyebabkan kemampuan penglihatan melemah. Adapun faktor yang akan mengurangi kemampuan mata kita yakni penuaan, cedera, penyakit, atau faktor genetis.

5. Mitos: Menonton TV terlalu dekat bahayakan mata
Sebenarnya, seperti halnya terlalu lama menatap monitor komputer, Anda bisa mengalami sakit kepala bila menonton TV terlalu dekat. Namun, hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa jarak terlalu dekat dengan TV merusak mata. Kalau Anda merasa kurang jelas saat menonton TV sehingga harus memperpendek jarak pandang, itu mungkin pertanda mata Anda perlu diperiksa lebih lanjut.

6. Mitos: Memakai kacamata orang merusak mata
Sebenarnya, memakai kacamata yang tidak sesuai dengan kebutuhan mata kita seperti mengenakan kacamata orang lain tak akan merusak mata. Namun, memang mengenakan kacamata dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan tentunya akanmemberikan Anda penglihatan yang optimal. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive