Senin, 22 November 2010

Relaks dengan Pijatan Lembut ala Swedia

SEBAGIAN besar orang tampak sangat menikmati saat dipijat. Dirasakan, tubuh akan relaks dan bugar usai dipijat. Tapi, ada juga orang yang tak suka dipijat karena merasa sakit atau tak nyaman saat tubuh ditekan-tekan. Bagi yang kurang menyukai pijat karena tak mau merasa nyeri, Anda bisa memilih teknik pijat Relaks ala Swedia yang lembut.

Pijat Swedia atau swedish massage diperkenalkan Per Henrik Ling pada awal abad ke-19. Jenis pijatan ini sudah dikenal luas di Eropa dan negara Barat lainnya. Yang agak berbeda dengan pijatan Swedia ini yakni teknik memijatnya tidak terlalu keras dan menggunakan telapak tangan yang memberi tekanan pada otot dan tulang. Untuk Anda yang menyukai pijatan lembut untuk relaksasi, Anda dapat mencoba pijatan ini.

Tujuan utama dari pijat Swedia adalah meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam darah dan melepaskan racun dari dalam otot. Teknik ini juga mampu mempercepat proses pemulihan otot yang tegang dengan tekanan yang mencapai jaringan asam laktat, asam urat, dan jaringan metabolis lainnya. Pijat ini juga meningkatkan metabolisme tanpa mengganggu kerja jantung dengan meregangkan ligamen dan tendon sehingga tetap kenyal dan lentur. Selain itu, kulit dan sistem syaraf juga akan terstimulasi. Pada akhirnya, kondisi tegang pada tubuh akibat stres pun mereda dan menghilang.

Adapun tekni-teknik yang digunakan pada pijat Swedia yakni:

1. Effleurage: gerakan meluncur dengan telapak tangan, jempol atau jari lain
2. Petrissage: gerakan seperti mengocok dengan tangan, jempol atau jari lain
3. Friction: menekan dengan gerakan beredar dengan telapak tangan atau jari
4. Vibration: gerakan osilasi dengan menggetarkan tubuh (vibrasi)
5. Percussion: menekan-nekan seperi gerakan mencingcang yang dilakukan dengan lincah
6. Gerakan pasif dan aktif: yakni berupa membengkokkan dan meregangkan tubuh

Meski dilakukan dengan gerakan yang lembut, bukan berarti manfaatnya kurang bila dibandingkan dengan jenis pijat lainnya. Setelah menjalani pijat Swedia, niscaya suasana hati Anda akan baik dan tubuh pun merasa relaks dan berenergi. Itu disebabkan pemijatan memengaruhi sistem syaraf, otot, kelenjar, dan sirkulasi tubuh. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive