Sabtu, 20 November 2010

Makanan Pengusir Aroma Bawang di Mulut

BAWANG, terutama bawang putih merupakan salah satu penyedap masakan yang wajib digunakan. Tak hanya melezatkan rasa, aromanya pun membuat kita tergoda untuk segera menyantap hidangan. Namun, bagaimana bila kita terlalu banyak memakannya dan berujung pada aroma napas tak sedap?

Meski dapat menyebabkan 'bau naga' bawang putih memang terbukti secara alamiah memiliki banyak manfaat kesehatan yang mampu menghindarkan kita dari segala jenis kanker seperti payudara, perut, usus, tengorok, dan kulit. Maka itu, jangan karena alasan takut napas tak sedap kita pun menghindarinya. Tenang saja, Anda bisa menyiasati bau bawang dengan memakan makanan-makanan berikut:

1. Apel, bayam, kemangi, dan peterseli: menurut hasil penelitian, terbukti bahwa makanan kaya akan fenol ini mampu enyahkan aroma bawang. Kandungan polifenolnya yang berperan seperti halnya antioksidan mampu memecahkan kandungan sulfur pada bawang penyebab napas tak sedap. Namun, Sheryl Barringer PhD, profesor ilmu makanan di Ohio berujar bahwa khasiat itu akan terbukti bila makanan tersebut dipadukan dengan bawang putih. Maka itu, Anda bisa membuat masakan dengan memadukan keempat jenis makanan dan bawang putih. Namun, memakannya secara terpisah juga dapat membantu.

2. Susu: sebuah studi terbaru mengemukakan bahwa susu mungkin lebih efektif untuk menumpas napas bau bawang, terutama bila Anda meminumnya sebelum memakan bawang putih. Peneliti menemukan bahwa susu memiliki kemampuan lebih baik dalam mengurangi bau bawang. Profesor Barringer menuturkan, "Bukan hanya air, lemak dalam susu efektif membesihkan mulut dari sisa makanan."

3. Teh hijau: meminum teh hijau sebelum atau di sela-sela makan mampu meminimalisasi aroma bawang yang menyebabkan napas tak sedap karena kandungan polifenolnya mengurangi kandungan sulfur. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive