Senin, 10 Januari 2011

Australia Nyatakan Power Balance tidak Bermanfaat

PEMAKAIAN gelang Power Balance sempat menjadi tren pada 2010 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Gelang berhologram itu diklaim mampu membantu menyalurkan energi alami di dalam tubuh kita. Tak sedikit pula yang memercayai hal itu dan merasa lebih sehat dan berstamina setelah memakainya. Namun, semua janji itu ditampik pemerintah Autsralia dengan pernyataan bahwa Power Balance tidak memiliki khasiat sama sekali.

Sepanjang 2010, pemasaran gelang berbahan dasar silikon itu pun tergolong marak. Bentuknya yang unik, warna cerah, dan khasiat kesehatannya membuat banyak orang bersedia untuk membelinya. Di Indonesia, gelang ini dijual pada kisaran harga Rp300 ribu. Tak hanya yang asli, banyak pula dijual produk palsunya dengan harga yang jauh lebih murah yakni sekitar Rp25 ribu.

Power Balance mulanya diciptakan pada 2007 oleh sekelompok atlet. Adapun perusahaan yang memproduksi Power Balance mengklaim, "Power Balance didasarkan pada gagasan untuk mengoptimalkan aliran energi di dalam tubuh. Hologram yang terdapat di dalamnya didesain untuk beresosnansi dan merespons energi alami di dalam tubuh."

Namun, klaim itu ditampik Komisi Konsumen dan Kompetisi Australia (ACCC) dengan pengungkapan bahwa pihaknya telah bersepakat dengan perusahaan itu untuk bisa mengganti kata-kata dalam iklan dan kemasan produk tersebut karena tidak tersedianya bukti secara ilmiah. Dalam kemasannya, dijanjikan bahwa Power Balance mampu meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh.

Menurut BBC News, perusahaan itu juga sepakat untuk mengembalikan uang para konsumen Australia apabila mereka memintanya juga menghilangkan istilah 'performance technology' yang tertera pada gelang tersebut.

"Pihak penyuplai seharusnya tidak langsung mengklaim khasiat sebuah produk sebelum didapatkan bukti ilmiah," kata Ketua ACCC Graeme Samuel. "Konsumen pun sebaiknya lebih berhati-hati dengan produk sejenis yang juga menawarkan berbagai janji manis, padahal mereka tak memiliki manfaat apa pun selain sebagai gelang biasa." (Pri/NYTimes/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive