Kamis, 27 Januari 2011

Kerang Laut Pulihkan Kelumpuhan

KANDUNGAN gula yang terdapat pada kerang laut ternyata bisa dijadikan bahan bagi pengobatan cedera tulang belakang. Otomatis, hal itu memberikan sebuah harapan baru bagi penderita lumpuh akibat penyakit maupun kecelakaan.

Peneliti menemukan bahwa dengan memodifikasi zat gula pada kerang, mereka mampu untuk menambal sel-sel syaraf yang rusak di sumsum tulang belakang. Saat zat gula disuntikkan, terbentuk lubang lapisan sel syaraf dalam waktu singkat.

Meski baru tahap awal dan baru diujicobakan pada guinea pig, tapi para ilmuwan berharap nantinya metode ini bisa berhasil pada manusia. Eksperimen ini digelar di Pusat Penelitian Kelumpuhan di Sekolah Purdue Jurusan Ilmu Medis di Indiana, Amerika, dan telah dipublikasikan pada The Journal of Experimental Biology Januari 2011.

Richard Borgens, direktur sekolah itu memutuskan untuk bekerja sama dengan ahli fisiologi Riyi Shi dan ahli kimia Youngnam Cho setelah ditemukan bahwa beberapa zat gula ternyata mampu memperbaiki membran sel yang rusak.

Dengan memodifikasi zat gula bernama kitin dan menyuntikkannya ke tulang belakang dari hewan percobaan, ditemukan bahwa gula segera menuju sel yang rusak dan menghubungkan lubang-lubang itu.

Hal itu pun diasumsikan bahwa zat tersebut telah memperbaiki sel rusak. Setelah itu, sinyal listrik dalam tubuh untuk menciptakan sensasi dan gerakan juga mampu berfungsi setelah sel diperbaiki.

Dengan mengukur respons otak untuk sinyal-sinyal saraf yang dihasilkan di kaki belakang guinea pig, tim menemukan bahwa hanya 30 menit setelah injeksi, sinyal listrik ternyata sudah diperbaiki. (Telegraph/Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive