Senin, 17 Januari 2011

Cegah Stroke dengan Dua Obat Sekaligus

TIDAK lagi hanya satu, kini pengobatan dini terhadap tekanan darah dianjurkan menggunakan dua obat sekaligus. Menurut para peneliti, cara itu dinilai lebih efektif untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Biasanya, penderita tekanan darah tinggi atau rendah akan diberikan satu jenis obat saja. Bila diperlukan, barulah diberikan obat lain sebagai pendamping.

Namun, hasil studi yang digelar Accelerate menunjukkan bahwa lebih baik memulai perawatan dengan menggunakan dua obat sekaligus. Karena, hasilnya dinilai lebih cepat dan efektif dalam mengontrol tekanan darah dengan efek samping yang minim.

Profesor Morris Brown, dari Universitas Cambridge mengatakan, "Penelitian kami bertujuan mencari perawatan yang tepat untuk mengontrol tekanan darah. Dengan penemuan ini, kini para pasien bisa diberikan kombinasi obat yang tepat sehingga terhindar dari serangan jantung."Adapun Profesor Bryan Williams dari British Hypertension Society, mengatakan: "Studi ini penting karena bisa mengubah cara kita menemukan metode terbaik untuk penanganan tekanan darah tinggi."

Penelitian yang melibatkan 1.250 pasien penderita tekanan darah tinggi ini telah diterbitkan dalam edisi online jurnal Lancet edisi Januari 2011. Disimpulkan, memulai penanganan dengan dua obat jenis aliskiren dan amlodipine menghasilkan respons 25 persen lebih baik ketimbang pengobatan konvesional monoterapi. Para ilmuwan menduga efektivitas itu disebabkan kombinasi obat itu membantu proses netralisasi di tubuh. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive