Senin, 17 Januari 2011

Dua Obat Baru Pemangkas Risiko Stroke

PENELITI menemukan bahwa dua obat baru mampu memangkas risiko stroke dan pembekuan darah bagi penderita atrial fibrilasi yakni masalah pada irama jantung.

Obat pengencer darah jenis rivaroxaban dan dabigatran telah terbukti lebih efektif mengatasi kondisi tersebut ketimbang metode konvensional. Adapun atrial fibrillation memiliki gejalan sesak napas, jantung berdebar, hingga terjadi pembekuan darah.

Dalam sebuah uji coba di Universitas Edinburgh yang melibatkan 14 ribu pasien, ditemukan bahwa rivaroxaban mampu mengurangi risiko pembekuan darah hingga 20 persen jika dibandingkan dengan warfarin. "Studi kami menunjukkan bahwa pasien yang meminum rivaroxaban mengalami serangan stroke dan pembekuan darah," kata ketua penelitian Prof Keith Fox. Sementara itu, dalam penelitian di AS dan Jerman, terbukti bahwa dabigatran juga bisa dijadikan pengobatan akternatif selain warfarin.

Namun, seperti halnya pengobatan lain, obat ini tentunya memiliki efek samping. Efek samping yang mungkin timbul serupa dengan efek warfarin yang sebagian besarnya menyebabkan pembengkakan dan pendarahan. (Pri/Daily Mail/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive