Senin, 17 Januari 2011

Menkes, Tetap Aktif meski Didiagnosis Kanker Paru-Paru

WALAUPUN telah dinyatakan terkena kanker paru-paru, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih terlihat tetap aktif dan melakukan kegiatannya seperti biasa. Kalangan terdekatnya pun mengaku cukup kaget dengan diagnosis tersebut karena mereka mengaku tak menemukan gajala apa pun dari doktor lulusan Harvard School of Public Health itu.


Adapun kanker paru-paru memang tergolong penyakit kanker yang cukup mematikan, baik bagi kaum pria maupun perempuan. Penyakit ini terjadi karena perkembangan sel yang sangat cepat (abnormal) dalam jaringan paru yang disebabkan perubahan bentuk jaringan sel atau ekspansi dari sel itu sendiri. Apabila dibiarkan, pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain, baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang, hati, atau otak.

Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok, sedangkan lainnya disebabkan kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan, ataupun pembakaran termasuk asap rokok. Ada pula beberapa kasus penyakit yang memicu terjadinya penyakit ini, yaitu penyakit TBC dan Pneumonia.

Di sisi lain, gejala kanker paru-paru akan timbul muncul saat perkembangan abnormal sel ini semakin parah dan memerlukan waktu bertahun-tahun sejak awal perkembangannya.

Beberapa gejala umum kanker paru-paru yaitu:
1. Perokok yang kerap batuk
2. Sulit bernapas (napas pendek)
3. Batuk mengeluarkan darah
4. Sering mengalami infeksi paru seperti pneumonia atau bronchitis
5. Nyeri pada dada, bahu, dan punggung
6. Suara yang berubah dari biasanya
7. Batuk lebih dari 2 minggu pada orang yang tidak merokok
8. Susah menelan, leher dan wajah tampak membengkak, nafsu makan berkurang, hilangnya berat badan, serta cepat lelah atau lemah.

Beberapa langkah yang biasa dilakukan yakni:
1. Operasi pembedahan mengangkat sel kanker
2. Tindakan terapi radiasi
3. Tindakan kemoterapi
4. Penyuntikan photodynamic (PTD)

Presiden Susilo bambang Yudhoyono juga telah mendengar kabar bahwa Menkes terkena kanker. Untuk itu, tim dokter pemerintah pun ditugaskan guna membantu pemulihan kesehatan Endang dengan melakukan berbagai upaya baik dengan perawatan kesehatan baik di dalam maupun luar negeri. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive