Minggu, 23 Januari 2011

Tangkal Radikal Bebas dengan Wortel

Setiap Anda hendak memakan sup atau sayuran lainnya, Anda atau anak Anda memisahkan wortel dan tidak memakannya. Padahal jika Anda tahu manfaat wortel bagi kesehatan, Anda tidak akan rela menyia-nyiakan wortel yang ada dalam piring Anda.

Wortel mengandung betacaroten, tanda banyaknya betacaroten dalam wortel adalah warnanya yang semakin terang. Semakin orange warnanya, maka kandungan betakarotennya semakin banyak.

Dalam 100 gram wortel terdapat 12 ribu SI vitamin A, 1,1 gram protein, 10 gr karbohidrat, 3,1 gram lemak, 4 mg vitamin C, dan 0,5 mg vit E.

Wortel adalah salah satu sumber makanan yang berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang berfungsi untuk penglihatan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan katarak dan kebutaan.

Wortel yang kaya akan antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, selain itu juga dapat menurunkan kanker prostat pada pria. Namun, segala sesuatu akan lebih baik jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, wortel juga dapat mengurangi risiko stroke, hipertensi, mengatasi cacingan, batuk, mengatasi rabun senja, mata minus, nyeri haid dan sembelit. Selain itu, wortel juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah, caranya dengan memarut wortel dan peras airnya lalu tempelkan di wajah.

Sebaiknya ketika Anda hendak memasak wortel, jangan terlalu matang karena khawatir vitamin yang ada pada wortel akan rusak. Selain dapat diolah dengan cara dimasak, Anda juga bisa mengonsumsi langsung wortel segar sebagai camilan sehat, dibuat jus, atau cukup dikukus dan nikmati dengan saus kacang.


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive