Kamis, 27 Januari 2011

Plester Ambulight Sembuhkan Kanker Kulit

TEKNOLOGI telah memberikan sumbangsih pada pengobatan kanker kulit. Berkat teknologi, kanker kulit kini bisa diobati di rumah dengan alat berbentuk plester Ambulight.

Ambulight adalah bentuk terapi photodynamic (PDT) yakni metode alternatif pada operasi terhadap berbagai jenis kanker kulit dengan laser atau sumber cahaya lain. Metode itu dikombinasikan dengan obat peka cahaya untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Pengobatan PDT menghindari jaringan parut yang terkait dengan operasi pengangkatan tumor dan kebutuhan untuk tinggal di rumah sakit.

Ambulight ini terdiri dari sebuah pod berbentuk cakram berdiameter 1 inci dengan lampu LED merah. Sumber cahayanya terpasang ke alat pengontrol berukuran ponsel.

Krim photosensitising digosokkan ke kulit lalu pod ditempelkan ke kulit menggunakan plester. Untuk menyerap ke dalam kulit, krim membutuhkan waktu 3 jam kamudian pod menyala. Setelah 3 jam, pod dapat dilepaskan. Harga alat ini sekitar 100 pounds, separuh dari biaya pengobatan di rumah sakit.

Pengobatan ini bisa dilakukan terhadap kanker kulit tipe nonmelanoma. Adapun jenis kanker kulit yang paling umum diderita adalah karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Kanker itu biasanya memang tidak menyebar, tetapi masih dianggap ganas.

Pengembang Ambulight James Ferguson, Profesor Bidang Dermatologi pada Universitas Dundee berharap pengobatan ini nantinya bisa segera diterapkan oleh para pasien. "Uji coba juga telah dilakukan dan 90 persennya terbilang efektif dan tidak menyebabkan nyeri," katanya. (Daily Mail/Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive