Kamis, 27 Januari 2011

Usia 60 Tahun Klimaks Kecerdasan Emosional

BILA merasa nenek atau kakek Anda adalah sosok yang begitu baik hati dan bijaksana, itu bukanlah sebuah kebetulan. Karena, setelah ditelaah secara ilmiah, diketahui bahwa usia 60 merupakan saat kecerdasan emosional seseorang bisa dikatakan paling maksimal.

Maka itu, tak mengherankan bila generasi tua cenderung lebih sensitif dan memiliki empati lebih ketimbang orang muda di dalam masyarakat. Orang lanjut usia juga lebih mampu melihat sisi positif dalam sebuah permasalahan.

Peneliti asal Amerika Serikat pun memercayai logika bahwa manusia memiliki sisi kepedulian paling sempurna pada saat mendekati ajal. Psikolog Profesor Robert Levenson dari Universitas California di Berkeley bertutur, "Tampaknya evolusi telah mengubah sistem syaraf kita dengan beberapa cara sehingga seiring dengan pertambahan usia, kita pun semakin optimal dalam kegiatan interpersonal dan mengasihi orang lain."

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan memantau 144 orang dewasa sehat berusia 20, 40, dan 60 tahunan dalam bereaksi terhadap film sedih, menjijikkan, dan netral. Secara terpisah, peserta diminta untuk mengambil sikap objektif, tidak menunjukkan emosi, atau fokus pada aspek positif dari apa yang telah mereka lihat.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psikologi dan Aging ini menunjukkan ternyata lebih mudah bagi orang tua untuk melihat adegan negatif secara positif. Hal ini ditengarai merupakan hasil pengalaman hidup dan pembelajaran dari masa lalu.

"Kesedihan bisa menjadi perasaan emosi yang sangat berarti dan membantu dalam masa tua kita. Karena, kehidupan akhir, karena kita pasti dihadapkan dengan berbagai kehilangan. Maka itu, kita pun nantinya cenderung ingin memberikan kenyamanan kepada orang lain," urainya seperti dikutip laman Sciencedaily 18 Januari 2011. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive