Senin, 17 Januari 2011

Gadget Penolak Suara Bor Dokter Gigi

BAGI Anda yang enggan atau takut pergi berkunjung ke dokter gigi karena tak tahan atau gugup saat mendengar suara bor yang berdengung, kini ada metode baru untuk mengatasinya. Para ilmuwan di London telah menciptakan sebuah perangkat yang mempu membuat Anda lebih tenang saat berada di dokter gigi.

Gadget ini terdiri atas mikrofon dan cip yang menganalisis gelombang suara yang masuk kemudian membalikkannya untuk membatalkan suara yang tidak diinginkan. Teknologi ini juga disebut adaptif penyaringan yakni dengan mengunci gelombang suara dan menghapus mereka, bahkan bila amplitudo dan frekuensi obor mengalami perubahan.

Penggunaannya pun pun mudah, pasien cukup menghubungkan MP3 player mereka dengan gadget tersebut. Pasien tetap dapat mendegarkan suara dokter dan staf lainnya, tapi suara perangkat gigi seperti bor tak akan terdengar.

Guna mewujudkan penerapan gadget ini, peneliti dari King's College London, Universitas Brunel, dan Universitas London South berharap bisa menarik dana dari para investor untuk pengembangan lebih lanjut. Profesor Brian Millar, penggagas awal perangkat ini, mengutarakan, "Banyak orang yang mengurungkan niatnya ke dokter gigi karena merasa gugup atau tak nyaman dengan suara berbagai perangkat yang ada, terutama alat bor. Alat ini dibuat dengan tujuan menghilangkan semua perasaan itu sehingga orang akan lebih rajin ke dokter untuk memeriksakan gigi mereka."

"Yang kami butuhkan sekarang adalah seorang investor untuk mengembangkan produk ini lebih lanjut. Sehingga para dokter gigi bisa segera menggunakannya untuk bebagai jenis praktik bahkan operasi gigi. Di lain pihak, juga membantu orang-orang yang takut mengunjungi ke dokter gigi," ujarnya. (Pri/PA/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive