Senin, 17 Januari 2011

Zsa Zsa Gabor Diamputasi akibat Gangren

KARENA terinfeksi oleh penyakit gangren, aktris Zsa Zsa Gabor mesti merelakan kaki kanannya diamputasi. Apa sebenarnya penyakit gangren itu sehingga penderitanya harus merelakan salah satu anggota tubuhnya.

Operasi Gabor di Rumah Sakit Los Angeles berlangsung dengan sukses dan ditangai Dr David Rigberg. Sebelumnya, Gabor masuk rumah sakit semenjak 2 Januari lalu. Adapun keutusan operasi amputasi itu diambil karena penanganan melalui antibiotik telah menemui kegagalan. Aktris berusia 93 tahun ini sebenarnya telah berulang kali keluar-masuk rumah sakit semenjak menjalani operasi pinggang pada Juli tahun lalu.

Gabor mulai mengalami keanehan pada luka pascaoperasi pinggangnya sejak sebelum tahun baru. Pada saat itu, ia mulai merasakan luka di kaki kanannya tidak sembuh-sembuh.

"Kaki kanan Gabor, mulai dari lututnya, mesti diamputasi karena sirkulasi darah kaki kanannya buruk," kata Dr Rigberg, profesor ahli bedah pembuluh darah di Ronald Reagan UCLA Medical Center di Los Angeles. Ia menambahkan bahwa suami Gabor, Frederic Prinz von Anhalt, juga merasa amputasi merupakan keputusan terbaik.

Lalu apa penyakit gangren sehingga Gabor harus merelakan salah satu kakinya? Gangren adalah kematian bagian jaringan tubuh yang disebabkan suplai darah tidak adekuat atau tidak memadai. Namun, kadang kala penyakit ini bisa disebabkan cedera langsung (gangren traumatik) atau infeksi (gas gangren).

Adapun suplai darah buruk yang dapat bisa memicu gangren di antaranya disebabkan oleh:

1. Penekanan pada pembuluh darah, misalnya, turniket, balutan yang terlalu ketat, dan pembengkakan ekstremitas.

2. Obstruksi di dalam pembuluh darah yang sehat, misalnya, emboli arteri, kerusakan jaringan akibat suhu rendah, jika kapiler menjadi tersumbat.

3. Spasme dinding pembuluh darah, misalnya toksisitas ergot.

4. Trombosis yang disebabkan penyakit dinding pembuluh darah, misalnya, arteriosklerosis pada arteri, flebitis pada vena.

Semantara itu, gangren sering terjadi jika aliran darah dari area yang terkena menjadi hitam dan emasiasi. Di sisi lain, gangren lembap terjadi jika aliran vena tidak memadai sehingga jaringan mengalami pembengkakan akibat cairan. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive