Senin, 17 Januari 2011

Menulis Bebaskan Cemas dan Gugup

GUGUP dalam menghadapi ujian? Tenang saja, coba cara baru ini, tuliskan segala perasaan dan kecemasan Anda sebelum ujian tiba. Menurut hasil studi cara itu bisa membuat Anda lebih tenang niscaya mampu menjalani ujian dengan baik.

Para peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa mengekspresikan rasa takut secara tertulis selama 10 menit mampu menigkatkan hasil ujian. Selain ujian, teknik ini ditengarai bisa diterapkan pada mereka yang akan mengadapi wawancara kerja, memberikan presentasi, atau berpidato.

"Orang memang sering termotivasi untuk melakukan yang terbaik, tapi situasi penuh tekanan seperti dalam tes, presentasi, dan pertandingan terkadang menyebabkan mereka tak maksimal dalam mengerahkan segala upaya," kata ketua studi Dr Sian Beilock, dari Universitas Chicago.

Ia menambahkan, "Kami menilai jika rasa khawatir itu menyebabkan hasil tes yang buruk, menulis bisa membantu meredakan kekhawatiran dan kemudian memberikan kesempatan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan tentang apa yang akan mereka hadapi sehingga hasil tes pun meningkat."

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Science, peneliti melibatkan 20 mahasiswa untuk menjalani tes matematika. Separuhnya dibaerikan kesempatan untuk meluapkan perasaan mereka selama 10 menit dengan menulis. Hasilnya, ujian mereka pun mendapat nilai yang lebih baik ketimbang kelompok lainnya. Dr Beilock berujar, "Kami berkesimpulan metode ini mampu membantu orang dalam meningkatkan performa mereka dalam berbagai situasi." (Pri/PA/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive