Minggu, 23 Januari 2011

Antibiotik Tak Efektif Obati Bronkitis Akut

Pengobatan untuk bronkitis akut jika bukan pada orang yang sehat biasanya mengambil langkah untuk mengurangi batuk, demam, dan rasa sakit. Obat-obatan yang menggunakan resep dokter, seperti antibiotik, secara umum tidak memiliki keuntungan.

Jika Anda memang sudah memiliki riwayat penyakit, seperti Chronic obstructive pulmonary disease (COPD), gagal jantung, atau asma, evaluasi dan perawatannya harus lebih ekstensif.

Kebanyakan kasus bronkitis akut hilang dalam waktu dua sampai tiga minggu. Perawatan di rumah untuk mengurangi gejala adalah hal yang biasa dilakukan. Hal itu meliputi:

1. Mengurangi batuk Anda dengan meminum obat batuk cair, dan menghindari iritasi paru-paru. Anda bisa juga menggunakan obat batuk yang tidak menggunakan resep dokter yang mengandung eksektoran agar lendir penyebab batuk dapat keluar.

2. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan cairan ekstra dari tubuh Anda dan dapat membuat Anda dehidrasi.

3. Kurangi atau berhentilah merokok, jika Anda merokok.

4. Cukup istirahat agar tubuh Anda memiliki energi yang diperlukan untuk melawan infeksi. Pada umumnya, Anda akan merasa lebih baik dengan cepat jika Anda beristirahat lebih dari biasanya.

5. Menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin, untuk mengurangi demam dan sakit pada tubuh. Namun, jangan berikan aspirin atau obat pada siapapun yang berumur di bawah 20 tahun kecuali dengan resep dokter.

6. Menghirup udara lembab dari humidifier atau alat pelembab udara, shower panas, atau bak cuci piring yang diisi dengan air panas. Panas dan kelembaban dapat membantu menjaga lendir di jalan udara Anda lembab sehingga lendir tersebut bisa dikeluarkan melalui batuk dengan mudah.

Jika obat-obatan dengan resep dokter dibutuhkan, maka obat-obatan itu termasuk:


1. Inhaled beta2-agonists, yang akan memperbesar jalan udara dan dapat mengurangi suara napas dan batuk. Bagaimanapun, keuntungan yang mungkin harus dipertimbangkan dengan efek samping yang mungkin seperti goncangan, gemetar, dan rasa tegang.

2. Antibiotik, yang bisa digunakan untuk mengobati orang-orang yang mengalami peningkatan resiko komplikasi bronkitis akut. Obat ini juga biasanya digunakan jika gejala tidak bertambah baik setelah menggunakan beta2-agonist dan perawatan di rumah. Untuk bronkitis akut pada orang yang tidak sehat, antibiotik umumnya tidak memiliki keuntungan.

Kebanyakan kasus bronkitis akut disebabkan oleh virus, yang tidak terpengaruh oleh antibiotik. Menggunakan antibiotik yang tidak perlu, mahal, dan dapat memberikan efek samping dari terapi antibiotik, dan dapat menimbulkan ketahanan terhadap antibiotik pada beberapa jenis bakteri. Ketahanan ini dapat membuat antibiotik menjadi kurang efektif ketika digunakan kembali lain waktu.


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive