Kamis, 27 Januari 2011

Vaksin Pneumonia Baru Perlu Riset Setahun

VAKSINASI jenis terbaru untuk menganggulangi penyakit pneumonia atau radang paru-paru tengah di terapkan di 'Benua Hitam' Afrika dan beberapa negara lainnya. Diharapkan, vaksin jenis baru ini bisa menyelamatkan lebih dari jutaan nyawa secara global per tahunnya.

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (24/1), Gavi Alliance, kemitraan kesehatan global untuk sektor imunisasi personal dan publik, mengatakan akan ada 19 negara yang diberikan vaksin berbentuk suntikan ini.

Gavi melanjutkan, dibutuhkan dana lebih dari 500 juta pounds per tahunnya selama lima tahun ke depan untuk memenuhi kebutuhan vaksin dan mengembangkan vaksin tersebut.

Vaksin pneumokokus ini harganya 2,20 pounds atau US$3,50 di Afrika. Harga itu sudah lebih murah ketimbang di Inggris yakni 38 pounds setelah sepakat dengan dua perusahaan Pfizer and GSK.

Nantinya, vaksin ini akan mulai diperkenalkan di negara-negara berkembang setahun setelah diperkenalkan di Amerika Serikat.

GSK berutur harga tersebut barulah harga potongan karena sebenarnya harganya masih terbilang mahal. Untuk membuat vaksin itu pun dibutuhkan waktu satu tahun.

Adapun pneumonia merupakan penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan. Radang paru-paru dapat disebabkan beberapa hal termasuk infeksi oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit. Salah satu kasus radang paru-paru yang mempunyai tingkat kematian tinggi pada saat ini adalah kasus radang paru-paru yang disebabkan flu burung. (BBC/Pri/OL-06).


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive