Senin, 17 Januari 2011

Jus Ceri Ampuh Datangkan Kantuk

DARI sekian banyak metode untuk mengatasi insomnia, mulai dari berbagai trik untuk tidur cepat hingga pengobatan secara medis, kini peneliti menemukan cara terbaru yang bisa membantu mengatasi penderitaan para pasien insomnia yaitu jus ceri.

Menurut penelitian terbaru, terbukti bahwa meminum jus ceri sebelum tidur mampu membantu mengurangi gejala insomnia seperti sulit tidur dan kerap terbangun di malam hari.

Adapun partisipan dalam sebuah studi yang meneliti tentang khasiat ceri ini mengakui mengalami adanya peningkatan dalam kualitas tidur mereka. Laporan ini tentunya memotivasi para ilmuwan untuk meneliti secara lebih dalam terkait dengan mekanisme efek jus ceri pada kualitas tidur. Ada dua teori mengenai hal ini, yang pertama efek itu didapat partisipan hanya melalui respons terhadap zat melatonin pada ceri. Teori yang lain, adanya kaitan erat antara inflamasi dan aturan tidur. Lebih jelasnya tingkat pembengkakan yang tinggi bisa menghambat tidur sehingga zat mana pun yang bisa mencegah pembengkakan itu bisa juga membantu tidur lebih mudah.

Baru-baru ini, peneliti dari Universitas Rochester Medical Center berkolaborasi dengan peneliti dari institusi lainnya menggelar proyek guna menganalisis zat antiinsomnia pada ceri. Hasilnya pun telah dipublikasikan pada Journal of Medicinal Food. Para peneliti menggelar studi secara acak terhadap 15 orang paruh baya yang mengalami insomnia akut. Kelompok partisipan dibagi dua dengan kelompok pertama diminta mengonsumsi jus ceri setiap sebelum tidur, sedangkan kelompok kedua diberi plasebo selama delapan minggu.

Hasilnya, terbukti jus ceri mampu mengurangi beberapa gejala insonia dengan meningkatkan kualitas tidur. Dengan kata lain, para penderita insomnia yang meminum jus ceri jarang terbangun pada malam hari, tak sesering sebelumnya. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive