Minggu, 09 Januari 2011

Deretan Sarang Kuman di Restoran

KALA hendak makan di sebuah restoran, kita tentunya mengira semua benda di sana bebas dari kuman, terutama masakannya. Namun, pada kenytaannya tidak semua benda di restoran higienis. Tanpa sadar, benda-benda yang kerap kita sentuh di restoran justru merupakan tempat favorit kuman.

Maka itu, sebisa mungkin, usahakan untuk tidak sentuh benda berikut ini di dalam restoran:

1. Daftar menu restoran
Menurut hasil studi yang dimuat pada Journal of Medical Virology, virus flu dapat bertahan selama 18 jam pada permukaan keras. Mengingat daftar menu restoran telah disentuh oleh banyak tangan dan tak pernah dicuci, bayangkan saja berapa banyak bakteri dan kuman yang berdiam di sana.

2. Dispenser saus
Kurang lengkap rasanya apabila makan tanpa bumbu pelengkap seperti saus cabai dan tomat. Maka itu, setelah memesan makanan kita otomatis langsung menuju dispenser saus. Namun, tahukah Anda beberapa dispenser itu jarang dibersihkan sehingga dipenuhi kuman. Karena itu, sebaiknya Anda membawa sendiri saus dalam baik dalam bentuk botol kecil maupun sachet guna menghidari risiko memakan bakteri.

3. Gagang pintu toilet
Sia-sia saja apabila Anda memegang gagang pintu toilet setelah mencuci tangan. Karena, gagang pintu adalah benda paling kotor di toilet umum. Untuk itu peganglah gagang pintu dengan secarik tisu setelah mencuci tangan.

4. Dispenser sabun cair
Memang tampak tak mungkin. Nyatanya benda yang kita gunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan ternyata juga termasuk benda paling kotor di restoran. Hal itu karena 25 persen dispenser sabun tak pernah dibersihkan sehingga terkontaminasi bakteri feses. "Kebanyakan tempat sabun tak pernah dibersihkan sehingga tercipta bakteri dari buih-buih sabun," kata Charles Gerba PhD. "Terlebih, bagian bawahnya telah terkontaminsi banyak tangan kotor jadi tentunya akan ada jutaan bakteri jahat yang terhantar ke cairan sabun.

5. Potongan lemon
Para pramusaji mungkin memang telah mencuci tangan sebelum menyajikan minuman favorit pesanan Anda, tapi bagaimana dengan yang menyiapkannya di dapur? Menurut hasil studi pada 2007 di Journal of Environmental Health, hampir 70 persen potongan lemon penghias pinggir gelas Anda mengandung mikroba termasuk E coli. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive