Senin, 17 Januari 2011

4 Cara Tinggalkan Aturan Diet

KARBOHIDRAT, hitungan kalori yang rumit, frustrasi, dan resep untuk bencana diet seringkali justru tidak seasyik membayangkan hasil menjadi sehat dan langsing. Dawn Jackson Blatner, RD, juru bicara American Dietetic Association mengatakan bahwa dalam kehidupan nyata tidak hanya berurusan dengan sikap sempurna saat makan.

Kapanpun memulai program penurunan berat badan, tidak ada salahnya jika mengikuti aturan yang ditetapkan. Tetapi mencoba antiaturan untuk diet Anda terdengar sangat menggoda bukan? Ini tentang bagaimana Anda melakukan diet tanpa ada aturan pasti namun bertujuan langsing.

1. Jangan mulai Hari Senin
Awal diet pada hari Senin membuat Anda merasa seperti akhir pekan adalah anda "makan terakhir," kata Alyse Levine, RD. Sementara menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Brian Wansink, PhD, penulis Mindless Eating, 46 persen dari orang yang memulai diet di Hari Senin pagi, maka 31 persen di hari berikutnya, Selasa malam, telah gagal menjalankan diet.

2. Jangan menjadi martir kelaparan
Apakah Anda kemudian mengalami kram perut, lekas marah saat berat badan Anda mulai berkurang? "Ini adalah sebuah tanda bahwa diet tidak akan bekerja jika terasa sulit untuk mempertahankan," kata Blatner. "Idealnya, cara Anda makan untuk menurunkan berat badan akan menjadi cara Anda makan selama hidup Anda." Blatner menyarankan untuk menilai kesulitan diet dalam skala betapa sulitnya rencana Anda makan terasa pada skala 1 sampai 10. Dia mengatakan Anda harus merasa seperti Anda di 7, yang membutuhkan usaha, kesadaran, dan perencanaan, tetapi bukan 9 atau 10, yang Anda tahu bahwa Anda tidak dapat mengikuti selamanya.

3. Cinta pizza? Makanlah!
Cara terbaik untuk menjaga hasrat bawah kontrol adalah untuk memberikan izin diri Anda untuk memiliki hal-hal yang benar-benar mengasyikan seperti memberi kesempatan, tanpa rasa bersalah, sebagai bagian dari program penurunan berat badan Anda.

"Kami membuat ratusan keputusan tentang makan setiap hari, dan kita tidak bisa membuat mereka semua sempurna," kata Blatner.

Untuk meminimalkan risiko makan terlalu banyak, ia menyarankan menikmati makanan memanjakan dalam situasi sosial dan bukan ketika sendiri. "Jika Anda menyukai makanan tertentu, silakan dimakan namun kendalikan porsinya," ujarnya.

4. Dihantui diet masa lalu
Sangat mudah untuk merasa bersalah dan malu karena strategi penurunan berat badan Anda yang lalu tidak berhasil. Levine menunjukkan bahwa sebelum memulai sebuah rencana, belajarlah untuk makan makanan yang sehat. "Kebanyakan pelaku diet menyalahkan berat badan mereka pada makan makanan tertentu. Tetapi jika mereka benar-benar berpikir tentang bagaimana mereka makan makanan tersebut, saya yakin mereka akan menyadari bahwa sebagian besar makanan dan snack yang dimakan dengan rasa bersalah dan dijejalkan dengan cara cepat ke mulut mereka," terang Levine lagi.

Titik awal untuk setiap pelaku diet yang sempurna adalah duduk di meja dan menikmati makanan Anda tanpa gangguan, seperti menonton acara TV favorit, membaca koran, atau memeriksa e- mail. "Ini akan membantu Anda untuk benar-benar mencicipi makanan dan berhubungan dengan kelaparan dan tingkat kenyang sehingga Anda dapat berhenti saat puas," kata Levine.

Ulangi ungkapan ini saat Anda akan menyerah atau saat Anda membutuhkan suntikan semangat untuk diet. Kesehatan fisik kunci untuk optimal dan kesehatan mental adalah kemajuan, bukan kesempurnaan. (*/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive