Senin, 17 Januari 2011

Mulut Bersih Meski Gigi Berbehel

KEBERSIHAN mulut sangatlah penting bagi si pemakai kawat gigi. Karena, apabila disepelekan, akan timbul berbagai efek samping yang tentu akan membuat penggunanya merasa tidak nyaman.

Mulai dari sariawan disertai gigi ngilu, inflamasi gingiva atau radang gusi, nyeri gigi, hingga penumpukan plak yang menyebabkan karies tentu bukanlah hal-hal yang diharapkan. Maka itu, menjaga kebersihan oral memang sangat penting untuk dilakoni para pemakai kawat gigi.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan gigi bagi Anda pemakai behel? Berikut beberapa tipsnya:

1. Rutin mengontrol gigi ke dokter setidaknya tiga minggu sekali. Atau, konsultasikan saja dahulu dengan dokter gigi Anda.

2. Segera temui dokter gigi jika mengalami masalah dengan kawat gigi, termasuk kehilangan karet pengait atau kawat menyebabkan luka pada mulut.

3. Bila telanjur terluka, untuk penanganan cepat, Anda bisa meminum obat pereda rasa sakit yang dijual bebas.

4. Segera sikat gigi setiap habis makan. Terlebih setiap kali meminum soda atau jus yang mengandung banyak gula, jangan menunggu lama untuk menyikat gigi supaya gula tidak menempel pada gigi.

5. Gunakan sikat gigi khusus yang memang ditujukan untuk gigi berkawat. Sikat gigi khusus ini akan lebih efektif membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa.

6. Jangan gunakan sikat gigi dengan bulu kasar karena bisa menyebabkan inflamasi gingiva.

7. Hindari makanan yang keras. Selain menyebabkan rasa sakit, makanan yang keras bisa menyebabkan ban ortho terlepas, termasuk cincin ortho. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive