Kamis, 27 Januari 2011

Sarapan Pagi Hindarkan Tubuh dari Obesitas

MENGHINDARI sarapan pagi merupakan cara mudah mengurangi jumlah kalori. Tapi, apakah cara ini efektif untuk menurunkan berat badan? Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Obesity Research justru menguraikan kalau sarapan setiap pagi merupakan kunci sukses menurunkan dan mempertahankan berat badan sehat. Berdasarkan studi tersebut, mereka yang sarapan pagi bisa menurunkan berat badan hingga 30 kg dan bisa mempertahankannya.

Jadi, jika Anda juga selalu menghindari sarapan pagi dengan alasan menurunkan berat badan, ada baiknya mempertimbangkannya kembali. Berikut beberapa alasan lain mengapa Anda sebaiknya sarapan setiap pagi:

Membangunkan sistem metabolisme. Saat tidur, tubuh akan merespon ketidakhadiran makanan dengan cara memperlambat proses metabolisme dan membakar lebih sedikit kalori untuk menghemat energi. Dengan sarapan pagi, berarti Anda membangunkan sistem metabolisme dan mempercepat kemampuan mesin Anda dalam membakar kalori. Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin banyak pula berat badan yang bisa diturunkan.

Menghindari makan berlebih. Para peneliti menemukan, mereka yang sarapan pagi berkesempatan lebih besar menurunkan dan mempertahankan berat badan. Jika menghindari sarapan, Anda akan kehilangan kontrol porsi saat makan siang karena terlalu lapar.

Meningkatkan performa kerja. Studi-studi menunjukkan, mereka yang sarapan lebih waspada dan bisa mengerjakan tugas yang diberikan dibandingkan mereka yang menghindari sarapan. Sarapan akan meningkatkan kerja memori dan berdampak positif pada pekerjaan yang membutuhkan ingatan mengenai informasi-informasi baru.

Kesempatan untuk mengosumsi makanan yang mungkin tidak bisa Anda konsumsi sepanjang hari. Anda bisa menikmati sereal whole grain dengan berry serta susu tanpa lemak. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan serat, asam folat dan kalsium dalam satu mangkok. Makanan seperti ini tentunya akan sulit Anda dapatkan dengan segala kesibukan di sepanjang hari.

Memperbaiki mood. Studi-studi menunjukkan, mereka yang sarapan cenderung mempunyai mood yang lebih baik. Sarapan membantu Anda mengawali hari dengan perasaan baik, mood ini tentu akan terus terbawa sepanjang hari. Selain itu, Anda cenderung akan lebih memperhatikan dan memilih menu yang sehat untuk makan siang.

Mesin tubuh Anda bekerja lebih baik. Dengan menikmati sarapan yang sehat tepat waktu, Anda akan lebih siap menghadapi aktivitas di sepanjang hari.

Contoh yang baik. Jika Anda menghindari sarapan, anak Anda juga akan mengira kalau itu merupakan cara yang baik. Sarapan tidak harus yang berat-berat, tetapi jangan diabaikan. Jadikan sarapan sebagai kebiasaan, makan anak Anda tentunya akan dengan senang hati mengikutinya. (OL-08)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

armouris mengatakan...

info tentang sarapan pagi di SIHAT SELALU - Sarapan Pagi Kuatkan Otak

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive