Minggu, 07 November 2010

Ayo Makan Satu Apel Setiap Hari


SELAIN rasa serta warnanya yang menyegarkan, apel memiliki banyak nutrisi yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ketimbang mengambil keripik atau cokelat untuk mengemil di sela-sela waktu makan, apel merupakan pilihan camilan yang tentunya lebih menyehatkan. Berikut beberapa alasan mengapa kita sebaiknya memakan setidaknya satu buah apel setiap hari.

1. Lambat dicerna

Daging apel yang lembut mengandung serat (5 gram atau 20 persen serat yang dibutuhkan per hari). Memakan apel juga membutuhkan waktu untuk mengunyah sehingga memberikan waktu bagi tubuh untuk memberi sinyal rasa kenyang. Rasa manis alami apel juga masuk ke aliran darah secara bertahap sehingga menjaga kestabilan kadar gula darah dan insulin, Anda pun akan merasa kenyang lebih lama.

2. Membantu pernapasan

Anak-anak dari ibu yang memakan banyak apel saat hamil berisiko lebih kecil mengidap asma di usia 5 tahun. Tak hanya untuk anak-anak, buah ini juga mampu melindungi paru-paru orang dewasa, merendahkan risiko asma, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya.

3. Pangkas kolesterol

Berkat dua kandungan kunci pada apel yakni pektin (sejenis serat) and polifenol (antioksidan), apel mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah kolesterol jahat LDL yang menyebabkan plak pada arteri. Untuk itu, jangan kupas apel, makanlah beserta kulitnya. Antioksidan pada kulit apel lebih banyak 6 kali lipat daripada dagingnya.

4. Penangkal kanker

Berdasarkan hasil uji coba di laboratorium, diketahui beberapa zat pada apel mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, terlebih bila dimakan beserta kulitnya. Orang yang memakan apel setiap hari akan terhindar dari risiko beberapa jenis kanker sebanyak 9-42 persen.

5. Pertajam otak

Karena kandungan acetylcholine yang berfungsi sebagai penghantar antarsyaraf, apel juga mampu menjaga ketajaman otak sehingga Anda pun berisiko lebih kecil mengidap penyakit syaraf seperti alzheimer.(Pri/X-12)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive