Minggu, 07 November 2010

Insulin Percepat Kesembuhan Luka Operasi

SUNTIKAN insulin, diketahui, merupakan metode pengobatan termutakhir untuk mempercepat bahkan menghilangkan bekas luka pascaoperasi.

Selama ini, insulin memang dikenal karena perannya yang mengontrol kadar gula dalam darah. Namun, ternyata kini insulin yang biasa digunakan dalam pengobatan diabetes juga diterapkan guna mempercepat atau mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi.

Sebagian besar orang yang telah melalui berbagai macam operasi pembedahan mengeluhkan rasa nyeri akibat bekas luka, bahkan ada yang berakhir dengan depresi, menurut laporan The Daily Mail.

Ketika kulit kita terluka, pada proses penyembuhannya tercipta jaringan yang akan menutup luka secepat mungkin guna menghentikan keluarnya darah yang terlalu banyak, melindungi jaringan lainnya, serta mencegah infeksi.

Insulin merupakan hormon yang diproduksi pankreas dan membantu glukosa bergerak dari darah masuk ke sel untuk menghasilkan tenaga. Melalui beberapa penelitian, diketahui, bila diberikan dalam dosis rendah, insulin mampu mengurangi luka pada tubuh.

Untuk membuktikannya, serangkaian tes pun dilakukan di Universitas California, AS. Terlihat bahwa pasien yang baru menjalani operasi mengalami proses penyembuhan luka 2,4 hari lebih cepat ketimbang mereka yang hanya diobati dengan larutan garam.

Dalam sebuah uji coba, seorang perempuan yang memiliki luka yang cukup dalam pada bagian lengannya disuntikkan insulin di bagian tubuh tersebut. Para peneliti mengatakan 82 hari setelah disuntik, tak terlihat adanya bekas luka sedikit pun pada lengan perempuan tersebut. Menurut mereka hal itu karena
insulin mampu mengurangi jumlah firoblast, jaringan sel penyebab luka, dan meningkatkan kualitas kolagen yang dihasilkan tubuh. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive