Senin, 08 November 2010

Kini Pengobatan Kanker Otak Dengan Obat Tetes


AKAN hadir obat kanker otak jenis terbaru. Uniknya, tak seperti obat kanker lain yang mesti disuntikkan, obat baru ini akan dapat digunakan dengan cara diteteskan ke hidung.

Bentuk baru obat bernama methotrexate ini menjanjikan pengobatan yang lebih efektif terhadap kanker tak seperti metode konvensional di mana biasanya obat sangat sulit untuk mencapai otak. Kesulitan itu disebabkan terdapatnya penghalang berupa lapisan pelindung yang mengelilingi otak sehingga obat pun sulit untuk masuk ke otak.

Meski begitu, peneliti Tomotaka Shingaki dan para koleganya mengatakan bahwa mereka telah menemukan adanya bukti baru yang mengindikasikan bahwa beberapa obat yang dimasukkan melalui hidung, baik dalam bentuk semprot maupun tetes, mampu melewati penghalang itu sehingga dapat memasuki otak dengan lancar, salah satunya adalah obat untuk migrain.

Ketika dilakukan uji coba di laboratorium terhadap tikus pengidap kanker otak, obat tetes hidung mampu mengurangi bobot tumor hingga sepertiganya. "Strategi menggunakan obat tetes hidung ini bisa langsung diterapkan ke sistem terapi baru. Tak hanya untuk tumor otak, tapi juga untuk membantu pengobatan gangguan sistem saraf pusat seperti penyakit neurodegeneratif," kata Shingaki. Hasil penemuan ini telah dipublikasikan pada jurnal ACS' Molecular Pharmaceutics edisi Oktober 2010. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive