Senin, 08 November 2010

Pengobatan Standar Mampu Sembuhkan Leukemia


ADA harapan baru bagi pasien leukemia, kini dimungkinkan penyakit kanker darah itu bisa teratasi hanya dengan menjalani pengobatan standar. Hal itu terungkap setelah keberhasilan sebuah uji coba yang menyertakan pasien myeloid leukemia kronis (CML) yang terbebas dari penyakit itu setelah pengobatan selama dua tahun.

Hasil itu tentu memberikan harapan besar bahwa beberapa pasien penderita CML dapat sembuh meski perawatan dengan obat bernama imatinib terhenti. Sebelumnya, diketahui leukaemia kerap kambuh bila pengobatannya dihentikan karena bertahannya sel-sel induk.

Obat tirosin kinase imatinib yang lebih dikenal dengan merek Glivec sebenarnya adalah obat standar dalam perawatan CML. Obat ini bekerja dengan mematikan enzim yang berhubungan dengan sel kanker sehingga turut mengurangi tingakan protein abnormal bernama BCR/ABL.

Pada beberapa pasien, imatinib mampu menghasilkan remisi molekul lengkap (CMR) yang ditandai dengan tidak terdeteksinya protein. Studi bertajuk Stop Imatinib ini bertujuan mengetahui apakah CMR dapat berlanjut meski imatinib tak lagi dikonsumsi. Sebanyak 69 pasien CML dilibatkan. Mereka sebelumnya telah terus-menerus menjalani pengobatan imatinib selama dua tahun. Pada akhir studi, ditemukan bahwa CMR ternyata bertahan pada 41 persen pasien setelah satu tahun menjalani perawatan dan sebesar 38 persen setelah dua tahun. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive